Main Menu

Pilot Indonesia Tolak Libur, Tetap Intai Perbatasan Filipina

Rosyid
25-06-2017 19:47

Armada Sukhoi TNI AU melakukan misi pengintaian di perbatasan Indonesia-Filipina. (dok. TNI AU/yus4)

Manado, GATRAnews— Liburan panjang dalam rangka perayaan Idul Fitri bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Namun kondisi itu tidak berlaku bagi pilot tempur armada Sukhoi milik TNI Angkatan Udara (AU). Mereka tetap melaksanakan misi pengintaian di sepanjang jalur perbatasan Indonesia dan Filipina.

 


“Alutista kita tetap melaksanakan tugas kendati saat ini masyarakat Indonesia lagi konsentrasi liburan Idul Fitri, ini adalah komitmen integritas TNI AU kepada NKRI, bangsa, negara dan masyarakat dengan tetap eksis melakukan operasi agar jangan sampai kita kecolongan,” kata Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Danlanudsri), Sulawesi Utara, Kolonel (Pnb) Arifaini Nur Dwiyanto pada wartawan akhir pekan ini di Manado.

Operasi bersandi Kilat Badik 2017 dan Perisai Ambalat yang digelar TNI AU adalah langkah mengantisipasi memanasnya situasi di Filipina bagian Selatan, yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Utara. Kontak senjata antara kombatan ISIS dan militer Filipina masih terus terjadi hingga sekarang di Marawi, sehingga otoritas keamanan Indonesia tetap siaga jangan sampai ada pelaku teror menyusup ke wilayah berdekatan.

“TNI AU tidak mau kecolongan saat masyarakat lagi libur nasional kemudian ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi untuk berkonflik,” tegas Arifaini. “Masyarakat tidak perlu resah dan gelisah, TNI AU tetap menjaga komitmen dan integritas untuk kawal stabilitas keamanan agar masyarakat tetap tenang dan aman melaksanakan aktifitasnya sehari-hari,” tambahnya.

Letkol (Pnb) Hilman Lamhot Parasian Ambarita selaku Komandan Unsur Pengintai mengatakan, Operasi Kilat Badik yang dilaksanakan Sabtu 24 Juni 2017 dimulai dari pukul 06.00 Wita di Makassar Sulawesi Selatan dan bergerak ke Balikpapan. Armada Sukhoi kemudian ke Tarakan dan mulai melaksanakan operasi di wilayah perbatasan.



Reporter: Ady Putong
Editor: Rosyid

Rosyid
25-06-2017 19:47