Main Menu

TNI AU akan Tempatkan 11 Sukhoi Baru di Makassar

Rosyid
07-08-2017 17:47

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto (Dok TNI Angkatan Udara‏/AK9)

Yogyakarta,GATRAnews - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan 11 pesawat Sukhoi yang dibeli Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan ditempatkan di Makassar, Sulawesi Selatan.

KSAU menjelaskan bahwa proses pembelian 11 Sukhoi generasi 4,5 plus sudah dilakukan oleh Kemenhan.

“Jika semua berjalan sesuai rencana, normalnya pembuatan pesawat sesuai dengan spesifikasi yang kita butuhkan selesai 1-2 tahun setelah penandatanganan kerjasama,” kata KSAU kepada wartawan di Universitas Gadjah Mada (UGM), DI Yogyakarta, Senin (7/8).

Pesawat Sukhoi diyakini memiliki kelebihan dan keunggulan dalam bermanuver. Sebelas Sukhoi yang dipesan ini akan menggantikan F-5 yang sudah tidak difungsikan lagi pada 2016 karena telah beroperasi selama 35 tahun.

KSAU menegaskan setelah sampai di Indonesia, sebelas Sukhoi akan ditempatkan di pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin Makassar untuk sementara. Sebab Lanud Iswahyudi Madiun dinilai belum memadai dari segi infrastruktur pendukung.

“Jika nanti memang sudah dibenahi dan dinilai sesuai kebutuhan pengoperasian Sukhoi, maka semuanya akan dipindahkan ke Madiun,” katanya.




Reporter: Arif Koes Hernawan
Editor: Rosyid

Rosyid
07-08-2017 17:47