Main Menu

Kemenkumham Umumkan Kelulusan 17.521 CPNS, Yasonna: “Selamat Mengabdi!"

Andhika Dinata
10-11-2017 13:33

Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly mengumumkan hasil seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham. (GATRA/Andhika Dinata/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya Kementerian Hukum dan HAM mengumumkan hasil seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham pada Kamis, 9 November 2017. Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly menuturkan menerangkan hasil seleksi PNS di lingkungan Kemenkumham bertujuan menjaring Putra dan Putri terbaik bangsa untuk bekerja sebagai abdi negara yakni sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Yasonna mengapresiasi tingginya animo masyarakat yang berpartisipasi dalam proses rekrutmen CPNS Kemenkumham 2017. Setidaknya tercatat 1.116.138 calon peserta CPNS yang mendaftar di Kemenkumham. Dari sejumlah itu sejumlah 516.305 orang dinyatakan lolos tahapan verifikasi serta menjadi peserta Seleksi Kemampuan Dasar.

“Dengan begitu antusiasnya masyarakat dengan lowongan perekrutan CPNS Kemenkumham 2017. Kami pun berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melakukan proses seleksi yang terbuka dan fair tanpa memberikan celah untuk kecurangan”, terang Menteri Yasonna dalam siaran pers yang diterima GATRA News. Yasonna menegaskan perekrutan CPNS 2017 dilakukan periode ini berjalan clean tanpa adanya praktek pungli dan kecurangan.

Seluruh rangkaian proses rekrutmen terang Yasonna dilakukan secara terbuka dan transfaran sehingga publik bisa memantau. Sementara itu selama proses seleksi, Kemenkumham melakukan koordinasi yang intensif dengan Kementerian dan Lembaga lain terkait. Dalam rangka keamanan penyelenggaraan, Kemenkumham menggandeng kerjasama dengan aparat TNI dan Brimob yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk kesuksesan ini, Kemenkumkam melalui panitia seleksi CPNS pusat maupun daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “Khususnya Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara yang berwenang mengatur kebijakan, sistem, dan prosedur seleksi CPNS ini,” tuturnya.

Yasonna juga menjelaskan proses seleksi ini mengikut pada aturan PP No. 11 Tahun 2017 dan PermenPanRB No. 20 dan 24 Tahun 2017. Dari sejumlah 17.526 formasi hanya berhak diikuti 51.754 peserta untuk Seleksi Kompetensi Bidang yang dilaksanakan di masing-masing Kantor Wilayah (Kanwil).

Seleksi dan penilaian dilakukan dengan perhitungan akhir menggunakan skala pembobotan sesuai ketentuan Permen PAN-RB No. 20 Tahun 2017.  Yaitu untuk SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) 40 Persen dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) sebesar 60 Persen.

“Data nilai peserta yang sejak awal sudah tersimpan di dalam sistem, selanjutnya kami serahkan kepada Panselnas untuk dilakukan proses integrasi dari keseluruhan nilai. Kemudian baru kami mengumumkan hasilnya kepada masyarakat luas,” tuturnya.

Yasonna menguraikan total CPNS Kemenkumham yang diterima bekerja pada awal Januari 2018 sebanyak 17.521 orang. Angka tersebut, terdiri dari pelamar tingkat SMA sebanyak 14.000 orang, pelamar  D3 sebanyak 30 orang, pelamar Dokter Umum sebanyak 33 orang, dan pelamar S1 sejumlah 3.458 orang. Sayangnya, lowongan untuk pelamar Dokter Spesialis tidak terpenuhi (kuota 5 orang) dalam seleksi kali ini.

Untuk CPNS yang dinyatakan lulus seleksi, Yasonna mengucapkan selamat sementara bagi peserta yang belum lulus agar termotivasi mengikuti kesempatan dan peluang berikutnya. “Kami sadar bahwa masih banyak hal yang harus kami tingkatkan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS ini. Atas segala kekurangannya kami mohon maaf dan akan terus kami lakukan peningkatan untuk kedepannya,” pungkas Yasonna.


Reporter : Andhika Dinata

Editor : Nur Hidayat

Andhika Dinata
10-11-2017 13:33