Main Menu

DPR Dorong UKP-PIP Menjadi Badan Khusus

Wem Fernandez
25-01-2018 18:00

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Antara/Wahyu Putro A/AK9)

Jakarta, Gatra.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menjadi badan khusus. Kerja sama dua lembaga diharapkan bisa menghasilkan produk legislasi dengan ruh Pancasila

 

“Kita dorong jadi badan, yaitu Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Saya dengar informasi presiden tengah menyiapkan itu. Kami DPR mendorong presiden segera merealisasikan badan itu agar cepat bekerja,” kata Bamsoet usai menerima UKP-PIP di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/1). Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua UKP-PIP Yudi Latif, Dewan Pengarah Mahfud MD dan Romo Beni Soesatyo. 

Dari pertemuan tersebut, politikus Golkar ini berharap setiap produk UU yang dihasilkan oleh legislatif memiliki ruh Pancasila di dalamnya. Ke depan, UKP-PIP tidak hanya menjadi unit kerja saja, tetapi ditingkatkan menjadi sebuah badan. 

Menurut Bamsoet, hadirnya UKP PIP di tengah masyarakat adalah sesuatu yang penting. Apalagi, sambung Bamsoet, tahun-tahun mendatang Indonesia akan memasuki momen politik pada Pilkada maupun Pilpres. 

“Sehingga diperlukan kerja-kerja BPIP ini untuk meneduhkan masyarakat,” demikian Bamsoet. 

UKP-PIP merupakan lembaga non struktural yang dibentuk Presiden Joko Widodo pada 2017 lalu melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017. Tugas lembaga ini yaitu membantu Presiden melakukan pembinaan ideologi Pancasila, merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan. 


Reporter : Wem Fernandez

Editor     : Cavin R. Manuputty

Wem Fernandez
25-01-2018 18:00