Main Menu

Dinyatakan Aman, KA Bandara Kembali Beroperasi

Fahrio Rizaldi A.
09-02-2018 15:13

Rangkaian gerbong skytrain melintas diantara Terminal 2 dan Terminal 3 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (GATRA/Erry Sudiyanto/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Bencana longsor yang terjadi di underpass jalur Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Senin (5/2) kemarin memengaruhi akses transportasi bandara. Kejadian ini juga berimbas pada dihentikannya operasional Kereta Api (KA) Bandara Soetta untuk sementara.


Pada Kamis kemarin (8/2), tim teknis PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah melakukan uji coba operasi KA bandara. Hasil uji coba itu menyatakan jalur KA bandara aman untuk dilalui dengan pembatasan kecepatan. Pembatasan kecepatan ini ditujukan untuk mengamankan perjalanan KA dan pekerjaan perbaikan pada lokasi longsor.

"Hasil uji coba dan kajian teknis oleh konsultan independen  menyatakan bahwa jalur telah bisa dilalui KA Bandara, maka malam ini KA Bandara beroperasi kembali," ungkap Heru Kuswanto, Direktur Utama PT Railink dalam keterangan tertulis, Jumat (9/2).

KA Bandara Soetta telah beroperasi kembali mulai pukul 19:51 WIB untuk relasi Stasiun Sudirman Baru (BNI City)-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soetta dan pukul 20:40 WIB untuk relasi Stasiun Bandara Soetta-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Sudirman Baru (BNI City). KA Bandara akan beroperasi normal dan sesuai dengan jadwal perjalanan yang berlaku.

"Pembatasan kecepatan hanya sekitar 100 meter pada jalur yang berdekatan dengan titik longsor sehingga tidak berpengaruh terhadap waktu tempuh KA Bandara Soekarno Hatta," tandasnya.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Iwan Sutiawan

Fahrio Rizaldi A.
09-02-2018 15:13