Main Menu

BSN: Ingin SNI Menjadi Rujukan Standar Internasional

Arif Prasetyo
14-03-2018 16:08

Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Dr. Dra Zakiyah. (GATRA/Arif Prasetyo/FT02)

Jakarta, Gatra.com – Untuk melakukan ekspansi pasar, produsen harus memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) karena akan memberi nilai tambah pada suatu produk.


Demikian diungkapkan Zakiyah, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) saat menggelar SNI Award 2018, pada acara Gathering SNI Award 2018, Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (14/3).
.
“Dengan ber-SNI perusahaan tidak perlu lelah mempromosikan produknya. Dengan adanya tanda SNI,  sudah bisa berkomunikasi langsung kepada masyarakat, bahwa produknya sudah memenuhi persyaratan standar,” ujar Zakiyah. 

Ke depan  BSN rencananya akan mengusulkan agar standar yang dikembangkan di Indonesia menjadi standar internasional. Dengan harapan standar internasional itu, menjadikan  bargaining position Indonesia jauh lebih kuat bila  produk diekpor atau saat ada produk luar negeri masuk ke Indonesia. 

“Itu juga bisa memperbesar pangsa pasar, seperti produk mie yang masuk ke negara lain sudah tidak msalah, karena standar internasionalnya dari kita,” jelas Zakiyah.

Gelaran SNI Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang standardisasi dari Pemerintah RI melalui BSN. Ini upaya pemerintah menstimulasi perusahaan/organisasi untuk menerapkan SNI dengan baik.  Pelaksanaan SNI Award dilakukan melalui serangkaian kegiatan penilaian yang sangat ketat sesuai kriteria oleh para Evaluator yang kompeten yang selanjutnya hasil penilaian dikaji oleh para dewan juri yang beranggotakan  para stakehoder di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup.

Penilaian SNI Award pada hakekatnya berorientasi pada kegiatan standardisasi dan pemanfaatan SNI secara berkelanjutan. Kerangka kerja SNI Award dikembangkan berdasarkan kajian dari beberapa sistem penilaian kinerja atau sistem award yang telah teruji seperti Malcom Baldridge National Quality Award (MBNQA), Excellent Services, SNI ISO 9004 dan lain-lain.

Perusahaan, organisasi atau lembaga yang berminat, bisa mendaftarkan diri melalui online sejak 1 Maret hingga 31 Mei 2018.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
14-03-2018 16:08