Main Menu

Kunjungi Korban Kebakaran, Mensos Serahkan Bantuan

Anthony Djafar
03-04-2018 20:25

Mensos Idrus Marham mengunjungi korban kebakaran di Taman Kota, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.(GATRA/Anthony Djafar/re1)

 

Jakarta, Gatra.com - Mensos Idrus Marham kembali turun menemui rakyat. Kali ini, Mensos hadir di tengah-tangah korban kebakaran di Taman Kota, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa siang (3/4).


Mensos menyapa, bersimpati dan memberikan semangat kepada warga, sekaligus menyerahkan bantuan. Bantuan darurat yang disampaikan kepada korban kebakaran meliputi makanan, minuman, bantuan anak sekolah, pakaian, obat-obatan, dan kebutuhan lain yang mendesak.

“Total bantuan senilai sekitar Rp 735 juta. Alhamdulillah menurut keterangan warga, bantuan sudah diterima dan dalam kondisi cukup. Bahkan yang terluka sudah mendapat bantuan,” katanya.

Adapun yang masih menjadi kajian Kemensos adalah bagaimana membantu memulihkan tempat tinggal yang hangus terbakar.

Mensos menyatakan, untuk tempat tinggal, data menunjukkan ada sekitar 300 rumah yang rusak. Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak sekitar 185 rumah diketahui berupa kontrakan.

“Diantara rumah kontrakan tadi, ada yang menempati fasilitas umum (fasum),” katanya.

Menurut Idrus, lokasi perumahan penduduk berada pada lokasi proyek yang dahulu dikembangkan oleh PT Taman Kota.

“Pertanyaannya, apakah masih ada tanggung jawab PT. Taman Kota dalam pengelolaan kawasan ini. Untuk itu, kita harus duduk bersana dan berbicara dengan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, untuk membantu mengkaji masalah ini,” kata Mensos.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, Mensos menyatakan, apapun keputusan yang dibuat pemerintah harus untuk kebaikan rakyat.

“Presiden menyatakan, apapun keputusan yang dibuat pemerintah harus untuk kebaikan rakyat,” kata Mensos.

Seperti diketahui musibah kebakaran melanda pemukiman warga di Jalan Komplek Taman Kota RT 01 dan 16 di RW 05, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat pada Kamis malam lalu.

Sebanyak 501 (2.004 jiwa) terdampak oleh musibah ini, termasuk dua warga meninggal, satu lima luka ringan dan satu luka berat.

Untuk merespon musibah ini, Kemensos sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Kota Jakarta Barat, menggerakkan personel Tagana, mendirikan dapur umum lapangan dan sejumlah langkah lain. Nilai bantuan sosial secara total mencapai hampir Rp 735.000.000.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
03-04-2018 20:25