Main Menu

Sembilan Nama Ini Berebut Tiket Menjadi Ketua KPPU

Wem Fernandez
25-04-2018 21:06

(Ist/re1)

 

Jakarta, Gatra.com - Anggota Komisi VI DPR RI dari F-PDIP Darmadi Durianto mendorong agar pemilihan calon ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dilakukan secepatnya pasca-terpilihnya 9 komisioner KPPU baru hasil fit and proper test DPR beberapa waktu lalu.

"Ketua KPPU diperlukan ketua yang matang emosinya dan mutlak berpengalaman," ujar Darmadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, (25/4). 

Apalagi memasuki tahun politik seperti ini. Repot urusannya kalau Ketua KPPU belum berpengalaman baik urusan internal maupun eksternal karena  berimbas pada situasi yang tidak kondusif bagi para pelaku usaha. 

"Yang jadi ketua harus ekstra hati-hati, pernyataan Ketua KPPU harus bisa dikontrol, terukur, dan tidak spekulatif," ujarnya.

Darmadi menyarankan agar calon Ketua KPPU yang baru memiliki pengalaman yang luas. "Saat ini komisioner incumbent yang terpilih dan berpengalaman hanya tinggal satu. Satu-satunya komisioner yang mengikuti proses-proses pengambilan keputusan melalui mekanisme Rakor/Rakom ya komisioner lama [incumbent]. Dalam hal ini tidak ada pilihan karena hanya satu yang tertinggal dari komisioner lama," katanya.

Untuk diketahui, Komisi VI DPR telah menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 18 calon Komisioner KPPU. Dari jumlah tersebut tersisa sembilan nama yang akan disahkan menjadi Komisioner KPPU.

Dari 9 nama Komisioner KPPU yang terpilih, hanya satu nama Komisioner KPPU lama yang ikut terpilih sebagai Komisioner KPPU yang baru yaitu Chandra Setiawan. Rencananya, sembilan  Komisioner KPPU yang baru terpilih pasca-fit and proper test di DPR akan dibawa dalam forum rapat paripurna DPR, Kamis (26/4), untuk disahkan dan disetujui DPR.

Berikut 9 nama komisioner KPPU tersebut: 

Afif Hasbullah 
Chadra Setiawan
Dinni Melanie
Guntur Syahputra Saragih
Harry Agustanto 
Kodrat Wibowo 
Kurnia Toha 
Ukay Karyadi 
Yudi Hidayat 


Reporter : Wem Fernandez 
Editor: Iwan Sutiawan

Wem Fernandez
25-04-2018 21:06