Main Menu

Kapolri Tito Karnavian : Artidjo Sosok yang Sederhana

Sujud Dwi Pratisto
03-06-2018 06:38

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Ternyata Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian punya pengalaman istimewa dengan Artidjo Alkostar, mantan hakim agung yang baru saja pensiun. Tito menceritakan,   ketika dirinya menjabat sebagai Kapolres Jakarta Selatan, ia kerap mendatangi  wilayah kalipasir, Jakarta Pusat. Dulu di wilayah itu, lanjut Tito sering terjadi tawuran antar warga.  

Saat berkunjung ke TKP (tempat kejadian perkara) Kalipasir  seorang  warga menyampaikan informasi kepada Tito bahwa di wilayah padat pemukiman itu, ada hakim agung, Artidjo yang kalau kerja ke MA, naik bajaj. “Untuk ukuran hakim agung, kesederhanaannya sangat luar biasa,” kata Tito  di acara bincang santai dengan Artidjo Alkostar yang diselenggarakan Kantor Law Firm Ail Amir & Associates di Jakarta Selatan, Sabtu (2/6).

Pengalaman keduanya dengan Artidjo, lanjut Tito terjadi saat dirinya menjadi Kapolda Metro Jaya. Saat itu Polda Metro Jaya sedang menangani kasus pidana kopi sianida dengan pelaku Jessica Kumolo Wongso. Kasus ini menjadi sorotan publik.

Dalam suatu kesempatan, Tito bertemu dengan Artidjo dan menanyakan pandangan hukumnya terkait kasus kopi Sianida ini. Kepada Tito, Artidjo mengatakan bahwa dilihat dari motifnya, kemungkinan kuat Jessica bersalah. “Dari situ saya mengambil pelajaran, beliau orang yang paham dan menguasai bidangnya,” kata Tito.

Tito memuji Artidjo sebagai sosok yang tegas dalam mengambil keputusan. Sudah banyak putusan berat yang dijatuhkan Artidjo kepada para  terdakwa perkara narkoba dan korupsi. Padahal, dari penampilannya, Artidjo tidak identik dengan orang yang berbadan kekar. Wajahnya juga tidak sangar. “Dibalik kelembutannya, ada ketegasan dan konsistensi  dalam mengambil keputusan,” ungkap Tito.


Editor : Sujud Dwi Pratisto 

Sujud Dwi Pratisto
03-06-2018 06:38