Main Menu

1.636 Sopir Angkutan Lebaran Bakal Diperiksa Kesehatan

Abdul Rozak
04-06-2018 14:16

Bua Antar Kota Antar Provinsi di Terminal Kampung Rambutan. (GATRA/Rifki M. Irsyad/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 1.636 sopir bus angkutan Lebaran antarkota antarprovinsi di Jakarta bakal menjalani tes kesehatan jelang musim mudik 2018. Pemeriksaan supir bus dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Pemeriksaan kesehatan para sopir bus sudah dilakukan sejak dua hari lalu. Dinas Kesehatan mendatangi perusahan otobus (PO) bus di Ibu Kota.

"Kurang lebih ada 1.636 sopir bus yang bakal diperiksa untuk musim mudik 2018. Puskesmas 44 kecamatan di Jakarta akan turun di mana di wilayah tersebut ada PO bus," ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto di Jakarta, Senin (4/6).

Selain sopir, sambung Koesmedi, masinis dan pilot akan diperiksa. Pemeriksaan ini meliputi tes gula darah, hipertensi, alkohol, dan narkoba. Selain itu, Dinas Kesehatan DKI akan mendirikan posko kesehatan di sejumlah terminal dan stasiun di Jakarta. Mulai H-7 sampai dengan H+7 Lebaran.

"Posko kesehatan di sembilan terminal, kemudian pelabuhan penumpang termasuk di Kepulauan Seribu. Posko Kesehatan DKI ini mulai H-7 sampai H+7, gratis pemudik," kata Koesmedi.

Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk pemeriksaan kesehatan sopir bus. "Tahun lalu ada 5% sopir gagal berangkat karena masalah kesehatan. 13% dibolehkan dengan catatan," ujar Koesmedi. 


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Iwan Sutiawan

Abdul Rozak
04-06-2018 14:16