Main Menu

Kapolri: Jokowi Acungkan 4 Jempol untuk Lalin Mudik dan Balik Lebaran

Iwan Sutiawan
20-06-2018 01:09

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan jajaran di Pos Pelayanan Terpadu Cikopo KM 72, Jabar. (Dok. Polri/re1)

Jakarta, Gatra.com - Arus balik balik Idul Fitri 1439 H/2018 di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Rabu malam (19/6) sangat lancar. Petugas lalu lintas memberlakukan jalur satu arah atau one way arah ke Jakarta.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sehari sebelumnya menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan empat jempol atas penyelenggaraan dan pengamanan mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

"Bapak Presiden memberi apresiasi empat jempol kepada semua pihak terkait yang berwenang dalam pengamanan dan pengaturan arus balik lebaran," kata Tito di awal pengarahannya yang disiarkan lewat video conference.

Kapolri menyampaikan keterangan tersebut kepada jajaran Kapolda Jawa Barat, Kapolda Jawa Tengah, dan Kapolda Metro Jaya saat memantau persiapan dan pengamanan arus balik lebaran 2018 di Pos Pelayanan Terpadu Cikopo KM 72, Jawa Barat (Jabar).

Apresiasi tersebut, lanjut Tito, terkait penerapan diskresi one way di beberapa tempat serta kebijakan lain yang diambil kepolisian sehingga mampu mengurai kemacetan. Di samping itu, terjaminnya keamanaan warga dan para pemudik juga jadi perhatian presiden.

Tito menjelaskan, secara umum arus balik sudah dimulai, namun kondisi lalu lintas masih normal. Berdasarkan prediksinya, pada Senin, Selasa, dan Rabu malam merupakan arus balik gelombang pertama. Sedangkan gelombang kedua akan terjadi hari Sabtu dan Minggu.

"Cara bertindak yang dilakukan dengan menerapkan one way, contraflow, dan pemberlakukan tarif gratis di beberapa tol jalan nasional yang mengalami kepadatan," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri menerima paparan terkait laporan kondisi terkini serta antisipasi kerawanan dari tiga Kapolda, yaitu Kapolda Jawa Barat, Kapolda Jawa Tengah dan Kapolda Metro Jaya.

Fokus Tito pada persiapan dan pengamanan arus balik itu menjadi bukti bahwal mantan Kapolda Metro Jaya itu tak terpengaruh hoaks soal isu ia bersiap untuk deklarasi sebagai calon wapres (cawares) yang akan mendampingi Jokowi.

Sebelumnya, poster online berisi informasi persiapan deklarasi pasangan Jokowi-Tito tersebar di media sosial. Di dalamnya terdapat gambar Jokowi dan Tito sedang salam komando. "Dalam Persiapan Deklarasi Capres & Cawapres 2019-2024 Jokowi-Tito," bunyi tulisan dalam poster tersebut.

Tito sudah membantah kabar tersebut. Ia mengaku saat ini sedang konsentrasi pada persiapan dan pengamanan perayaan Idul Fitri.

"Itu hoaks. Saya tidak mau terganggu. Kita konsentrasi kerja mikirin bagaimana agar lebaran aman. Masyarakat mudik lancar, arus balik juga lancar," ujar Tito.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
20-06-2018 01:09