Main Menu

Cerita Jokowi Pernah Disupiri Mahathir dengan Kecepatan 180 km/jam

Hendry Roris P. Sianturi
29-06-2018 13:11

Presiden Joko Widodo berbincang dengan PM Malaysia Mahathir Mohamad di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6). (ANTARA/Puspa Perwitasari/FT02)

Bogor, Gatra.com - Presiden RI Joko Widodo punya pengalaman naik mobil Proton (Perusahaan Otomobil Nasional Malaysia) bersama Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Pada bulan Februari 2015, Jokowi pernah berkunjungan ke pabrik yang memproduksi mobil Malaysia tersebut.

 

Saat itu, Mahathir merupakan Chairman Proton. Mahathir mengajak Jokowi menjajal mobil Proton dengan kecepatan 180 km/jam.

“Saya ingat betul tahun 2015, saat saya berkunjunga ke Malaysia, ke Kuala Lumpur. Saya diajak Pak Tun Mahathir untuk test drive (uji kendaraan) mobil Proton. Disetirin sendiri oleh Pak Tun Mahathir dengan kecepatan 180 km per jam. Sangat cepat sekali,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, (29/06).

Jokowi mengaku tidak takut meskipun dibawa dengan mobil berkecepatan tinggi. “Tidak khawatir karena driver-nya adalah Bapak Mahathir. Kalau driver-nya bukan dia, saya rasa saya sudah takut,” ujarnya.

Mahathir menambahkan, ketika itu uji kendara dilakukan di jalan miring dan berliku. “Kita gunakan test track. Sebagaimana kita tahu test track itu bukan hanya datar begitu, tapi ada miring dikit. Tapi Bapak Presiden tidak complain apa-apa,” katanya.

Mahathir mengaku sempat khawatir Presiden Jokowi tidak suka dengan kecepatan tinggi.  “Saya merasa takut ketika itu memandu presiden, dalam kereta (mobil). Pada masa itu saya bukan perdana menteri. Saya jadi test driver untuk proton saja,” kenangnya.

 

Reporter: Hendry Roris Sianturi

Editor: G.A. Guritno

Hendry Roris P. Sianturi
29-06-2018 13:11