Main Menu

Pemerintah Didesak Lakukan Standarisasi Kapal Menyusul Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Wem Fernandez
03-07-2018 18:26

insiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa, (3/7), petang tadi. (Dok.Istimewa/RT)

Jakarta, Gatra.com- Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Haryo meminta pemerintah segera melakukan penyelidikan lebih lanjut tahapan standarisasi kapal pelayaran sebagaimana tertuang dalam International Maritime Organization (IMO). Langkah ini perlu dilakukan menyusul insiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa, (3/7), petang tadi.

 

"Kalau sampai terjadi kebocoran pemerintah harus segera melakukan analisas apakah pada saat melakukan standarisasi ini dilakukan maksimal, kalau sampai terjadi kebocoran yang bertanggung jawab si pemeriksa maupun pemerintah yang melakukan standarisasi," jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (3/7), petang.

Sebagai langkah awal, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) harus menganalisi insiden kecelakaan ini. Bambang juga mengkritik lambannya upaya penyelematan korban tersampak oleh pohak berwajib (Basarnas).

Mengacu pada IMO tersebut, batas minimal penyelamatan korban tidak boleh lebih dari 30 menit. Karena orang yang make jaket keselamatan bisa terlempar kemana-mana dan mereka mengapung cukup lama karena batas life jacket hanya 2X24 jam mereka akan tenggelam juga. Saya minta Basarnas melakukan pencarian," terang Bambang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dugaan awal tenggelamnya KM ini karena terjadi kebocoran lambung kapal. Basarnas Kabupaten Bulukumba tengah melakukan evakuasi. Informasi sementara dari pihak kepolisian korban meninggal dunia 4 orang.

IMO merupakan badan khusus PBB yang bertanggungjawab untuk keselamatan dan keamanan aktivitas pelayaran sekaligus badan yang mencegah polusi di laut oleh kapal. Adapun rancang bangun standarisari kapal laut meliputi konstruksi kapal, perlengkapan, kegiatan operasional dan ketenagakerjaan.


Reporter : Wem Fernandez 

Wem Fernandez
03-07-2018 18:26