Main Menu

Moeldoko: Sistem Birokrasi Harus Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Ervan
13-07-2018 15:58

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal Pur Moeldoko.(ANTARA/re1)

Jakarta, Gatra.com - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal Pur Moeldoko mengungkapkan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya adalah salah satu agenda prioritas presiden dalam Nawacita. Hal ini diwujudkan antara lain dalam program Reformasi Birokrasi (RB). Untuk itu sistem birokrasi harus menyesuaikan perkembangan zaman yang maju pesat.

"Birokrasi harus menyesuaikan dengan pekembangan zaman. Harus cepat, tangkas. Untuk itu pemerintah memangkas berbagai aturan yang menghambat," ujarnya dalam diskusi “Beribu Harapan di Mal Pelayanan Publik” di Aula Serbaguna Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (13/7).

Menurutnya, perlu inovasi dan terobosan untuk birokrasi lokal agar bisa cepat. Salah satunya dengan mal pelayanan publik yang kini tersedia di berbagai daerah. "Tak ada isitilah lagi 'Belanda masih jauh'. Nah, ketinggalan kita," lanjutnya.

Ia juga memuji Mal Pelayanan Publik yang mana seluruh pelayanan administrasi kependudukan dilakukan dengan sistem satu atap sehingga bisa memangkas waktu dan birokrasi.

"Saya sudah melihat Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi cepat sekali, luar biasa. Bikin KTP hanya 2 jam," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Iwan Sutiawan

Ervan
13-07-2018 15:58