Main Menu

Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Jonan, Bahas Apa?

Hendry Roris P. Sianturi
19-07-2018 12:16

Presiden Joko Widodo dan Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Dok. Kementerian ESDM/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pagi ini, Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan di Istana Merdeka. Menggunakan mobil dinas bernomor polisi RI 34, Jonan masuk ke Istana Merdeka lewat Wisma Negara. Biasanya, para menteri masuk ke Istana Presiden melewai pintu samping Istana Negara.

Jonan meninggalkan Istana Presiden sekitar pukul 11.30 WIB. Menurut seorang pegawai Istana Presiden, agenda pertemuan Jokowi dan Jonan bersifat tertutup. "Pertemuan intern," katanya kepada Gatra di Komplek Istana Negara, (19/07).

Kabarnya, Jokowi memanggil Jonan ke Istana Merdeka untuk menanyakan perkembangan negosiasi PT Freeport Indonesia. Perbincangan lain, Jokowi juga menanyakan permasalahan pelaksanaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-I.

Saat ini proses divestasi PTFI masih berjalan. Pemerintah sudah menjalin kesepakatan awal (HoA) dengan Freeport McMoran. Sedangkan kasus PLTU Riau, sedang ditangani intensif oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan dua orang sebagai tersangka. yaitu Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan Johannes Budisutrisno Kotjo. Eni diduga menerima suap total Rp 4,5 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo.

Hendry Roris Sianturi

Hendry Roris P. Sianturi
19-07-2018 12:16