Main Menu

Kemiskinan Turun, Masyarakat Rentan Miskin Masih Banyak

Abdul Rozak
30-07-2018 15:15

Pemukiman kumuh dibantaran rel kerata. (Dok. GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Angka kemiskinan di tanah air berada di angka 9,28% per Maret 2018. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat presentase itu menjadi yang paling rendah krisis ekonomi di tahun 1998.

 

Meski angka kemiskinan terus turun, Menteri PPN - Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro mengatakan jumlah penduduk rentan miskin semakin besar. Mereka saat ini menjadi kelompok paling rawan kembali masuk ke jurang kemiskinan.

"Masalah besar saat ini adalah banyak masyarakat yang rentan miskin. Kalau terjadi lagi krisis seperti 1998, langsung jatuh miskin," ungkap Bambang di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Senin (30/7).

Bambang menambahkan sebelum krisis ekonomi 1998, kemiskinan di Indonesia ada di angka 11%. Ketika dihantam krisis, angka kemiskinan kembali lagi ke tahun 1970 yaitu mencapai 60 - 70 juta jiwa.

Selain krisis ekonomi, bencana alam, kesehatan dan gagal panen membuat masyarakat kelompok ini rentan kembali miskin. Oleh sebab itu, pemerintah akan lebih banyak mengintervensi kelompok ini agar tidak jatuh miskin lagi.

"Kondisi ekonomi kita harus benar-benar dijaga, jaga lagi krisis. Kalau krisis bukan hanya mengeruk PDB saja, tapi menaikan kemiskinan," tutup Bambang.


 

Reporter: Abdul Rozak

Editor: Rosyid

 

Abdul Rozak
30-07-2018 15:15