Main Menu

Koleksi Seni Istana Kembali Dipamerkan

didi
03-08-2018 16:18

Pameran koleksi seni Istana (Dok. Kementerian Sekretariat Negara/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Sekretariat Negara berkolaborasi dengan Bank Mandiri, Kementerian Pendidikan, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif menggelar pameran koleksi seni istana.

 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani membuka pameran seni koleksi istana Kepresidenan Republik Indonesia dengan tajuk Indonesia Semangat Dunia di Galeri Nasional, Jakarta Pusat.

Pembukaan pameran yang berlangsung pada 3-30 Agustus 2018 ini juga di hadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Juga ada  Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Selain itu, perwakilan negara-negara sahabat, seniman dan penggiat seni juga turut menghadiri pembukaan pameran ini.

Menurut Kartika, Bank Mandiri telah mendukung penyelenggaraan pameran koleksi seni milik Istana Kepresidenan ini sejak pertama kali digelar, yaitu pada tahun 2016.

“Bank Mandiri mendukung pameran ini karena kami melihat kegiatan ini sangat baik untuk mengedukasi masyarakat luas agar dapat menghargai karya seni. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mendorong perkembangan industri kreatif di Tanah Air,” kata Kartika Wirjoatmodjo, Jumat (3/8).

Tahun ini, lanjut Kartika, menjadi lebih menarik karena penyelenggaraannya bersamaan dengan event Asian Games 2018, dimana Bank Mandiri turut mendukung sebagai prestige partner.

Penyelenggaraan pameran yang berbarengan dengan event internasional, dapat lebih menguatkan pesan pada tema pameran koleksi seni istana tahun ini, yaitu “Indonesia Semangat Dunia”, yang selaras dengan tema Asian Games 2018 yaitu energy of Asia.

Sejak 2016, Kementerian Sekretariat Negara bersama Bank Mandiri, Kementerian Pendidikan, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan pameran koleksi seni yang dimiliki istana.

Pameran yang menjadi bagian dari perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini, bertujuan agar masyarakat dapat melihat koleksi-koleksi seni istana kepresidenan.

Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan penghargaan masyarakat terhadap karya seni.

Setiap tahun, karya yang dipamerkan berganti dan diambil dari ribuan koleksi Istana Negara yang berada di 5 lokasi yaitu Istana Negara Jakarta, Bogor, Cipanas, Jogjakarta & Tampak Siring.

Untuk tahun 2018, karya yang dipamerkan antara lain lukisan Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Henk Ngantung, Fernando Amorsolo dan Gustavo Montoya serta terdapat pula 3 patung perunggu.


Reporter : Didi Kurniawan
Editor : Mukhlison 

didi
03-08-2018 16:18