Main Menu

Pidato di Depan Mahasiswa Baru IPB Amran Pamerkan Capaian Ekspor Pangan

Mukhlison Sri Widodo
14-08-2018 12:38

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/yus4)

Bogor, Gatra.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menunjukkan kemajuan ekspor yang telah dicapai Indonesia selama empat tahun terakhir saat menjadi pembicara di acara penyambutan mahasiswa baru, Selasa (14/08). 

Di hadapan sekitar 4.000 mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB), Menteri Pertanian Amran Sulaiman mempromosikan keberhasilan Pemerintah mendorong ekspor pangan. 

Amran pun menerangkan satu per satu pencapaian tersebut.  Di antaranya, pasokan jagung yang pada tahun 2015-2016 dari import, hingga 2018 Indonesia telah melakukan ekspor sebanyak 500.000 ton. 

“Jagung dulu import Rp 10 trilyun dari Argentina dan Amerika. Sejak 2017 sudah tidak import, sudah eksport,” ungkap Andi Amran Sulaiman. 

Lalu pada bulan Juni lalu, Indonesia berhasil mengekspor domba dari Surabaya ke Malaysia sebanyak 60.000 ekor.

Keberhasilan ini dikuti dengan ekspor bawang merah ke enam negara termasuk Thailand dengan jumlah keseluruhan 6 ribuan ton. 

Amran menyatakan, keberhasilan ini bisa dicapai berkat kinerja petani di seluruh Indonesia dan  kebijakan yang menghambat swasembada pangan telah dicabut. 

Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, IPB ikut memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan bidang pertanian di Indonesia. Untuk itu, ia mengajak IPB untuk terus bersinergi dengan Kementrian Pertanian. 

“Kementerian sudah bikin regulasi baru, kalau ada temuan baru, bisa kirimkan ke kementrian maka akan mendapatkan royalti,” terangnya.

Ia juga memotivasi mahasiswa baru IPB dengan sedikit memodifikasi seruan Presiden Soekarno. “Berikan aku 4.000 mahasiswa IPB, akan aku jadikan Indonesia pangan dunia,” katanya disambut riuh tepuk tangan para mahasiswa baru IPB. 


Reporter : CH
Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
14-08-2018 12:38