Main Menu

Kemensos Gelontorkan 1,2 Trilyun Untuk NTB

Abdul Rozak
28-08-2018 18:02

Ilustrasi bantuan untuk korban gempa bumi.((ANTARA /Ahmad Subaidi)/re1)

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Sosial (Kemensos) menggelontorkan dana Rp 1,2 trilyun untuk penanganan tanggap darurat serta perlindungan sosial di Nusa Tenggara Barat (NTB). NTB diguncang serangkaian gempa sejak 29 Juli-19 Agustus 2018.


Kemensos dan Polri ditunjuk sebagai koordinator rehabilitasi dan perlindungan sosial pasca gempa. Sementara tanggap darurat dipimpin Kementerian Dalam Negeri, logistik oleh BNPB-Kemensos, kesehatan oleh Kementerian Kesehatan, serta infrastruktur oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Sejauh ini Kemensos sudah mengeluarkan dana Rp1,2 trilyun lebih untuk NTB," ungkap Staf Ahli Menteri Sosial bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Asep Sasa Purnama dalam keterangan pers, Selasa (28/8).

Anggaran dan logistik yang disediakan Kemensos antara lain untuk membangun 1.519 Unit rumah tinggal sementara. Serta mengkoordinasikan kebutuhan makanan untuk warga NTB.

Asep menambahkan 100 ton dari gudang Bulog dan beras regular Kemensos untuk stok NTB telah dikeluarkan. Kemudian di luar itu, sebanyak 21.000 paket sembako untuk warga korban gempa telah disalurkan.

"Pemerintah juga telah menyalurkan santunan korban wafat 565 orang di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, Mataram, Sumbawa, dan Sumbawa Besar, sebesar Rp 20 juta atau total Rp8,4 milyar. Santunan duka relawan PMI sebanyak 2 orang sebesar Rp 20 juta," pungkas Asep.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
28-08-2018 18:02