Main Menu

Aktivis Medsos Janji Tidak Ada Kampanye Hitam saat Pilkada Serentak

Januar
29-10-2015 10:50

Deklrarasi penggiat medsos anti kampanye hitam dalam Pilkada (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Aktivis media sosial menyatakan komitmennya untuk tidak menggunakan medsos sebagai alat kampanye hitam dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun ini. Pernyataan komitmen ini dihadiri beberapa lembaga konsultan komunikasi dan KPU pusat.

 

“Fitnah dan kampanye hitam itu merusak Sumpah Pemuda, merubuhkan NKRI, Pelaku kampanye hitam sama dengan pembakar hutan yang menjadikan udara kotor dan bisa membunuh cinta," kata Direktur Eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa, Rabu (28/10). 

 

“Pemilihan Kepala Daerah adalah kompetisi, namun didalamnya ada peluang kolaborasi antar pengguna media sosial dalam menjaga perdamaian dan meningkatkan kualitasnya," Hariqo menambahkan. 

 

Selain itu, salah seorang anggota Inspire ini mengatakan apa yang sudah disampaikan di medsos tidak dapat ditarik kembali. “Prinsip komunikasi itu adalah irreversible, apa yang kita ucapkan tidak dapat ditarik kembali, maka berhati-hatilah menyampaikan sesuatu di media sosial,” kata Marbawi.

 

Dalam acara tersebut, para aktivis medsos juga mendeklarasikan lima poin dalam menggunakan medsos pada pilkada nanti. Kelima poin tersebut yaitu:

  1. menyebarluaskan konten positif dan optimis,
  2. melawan fitnah dan kampanye hitam,
  3. meningkatkan partisipasi warga dalam pilkada serentak pada Desember 2015,
  4. membela kepentingan nasional NKRI, dan
  5. menyukseskan pilkada serentak yang damai dan berkualitas.

Hadir sebagai narasumber: Husni Kamil Manik ,Ketua Komisi Pemilihan Umum 2012-2017) Marbawi (Direktur Eksekutif INSPIRE), Enda Nasution (Founder Sebangsa.com), Noudhy Valdryno (Digital Strategist), dimoderatori oleh Hariqo Wibawa Satria (Direktur Eksekutif Komunikonten). Para pembicara dan aktivis medsos juga ikut menandatangani spanduk  besar deklarasi ini bersama 219 pengguna media sosial lainya.

 

Reporter: Januar Rizki

Januar
29-10-2015 10:50