Main Menu

KPU Papua Mulai Geser Logistik Pilkada

Nur Hidayat
09-11-2015 21:08

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi (kiri) dalam suatu acara (GATRAnews/Khatarina Lita)

Jayapura, GATRAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua mulai menggeser sejumlah logistic ke 11 kabupaten yang akan mengikuti Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Hingga hari ini, Kabupaten Merauke telah melakukan pelipatan kertas suara. Sementara 6 kabupaten diantaranya dalam proses cetak dan 4 kabupaten lainnya dalam proses perjalanan untuk distribusi logistic Pilkada.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan sesuai jadwal nasional, tanggal 20 November semua logistic pilkada sudah harus berada di kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada. Lalu, kendala yang saat ini dihadapi adalah untuk Kabupaten Nabire dan Boven Digul masih terus menunggu proses cetaknya, karena di kabupaten tersebut adal salah satu pasangan calon yang masih melakukan proses hukum terhadap KPUD setempat.

“Untuk Nabire, ada salah satu pasangan calon yang menggugat KPUD karena tak diloloskan dalam penetapan pasangan calon, lalu untuk di Kabupaten Boven Digul, salah satu pasangannya dalam proses digugurkan oleh Bawaslu Provinsi Papua karena masih menyandang status terpidana,” kata Adam usai rapat koordinasi Pilkada serentak di Mapolda Papua, Senin (9/11).

Lanjut Adam tingkat kesulitan yang saat ini dihadapi adalah pengiriman logistic untuk 51 distrik di Kabupaten Yahukimo, yang sering terhambat cuaca. Apalagi hampir seluruh pengiriman logistik di Yahukimo melalui pesawat udara.

Lalu, ada juga kesulitan di Supiori untuk pengiriman logistic ke pulau terluar dan penduduknya tak menetap serta terhalang oleh ombak besar yang biasa terjadi pada bulan Desember.

9 Desember mendatang, 11 kabupaten di Papua akan melaksanakan Pilkada serentak, ke-11 kabupaten itu adalah Yalimo, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Keerom, Waropen, Asmat, Nabire, Merauke, Boven Digul, Supiori dan Mamberamo Raya. Dalam pilkada serentak KPU menyiapkan 718 TPS dan jumlah DPT lebih dari 1,2 juta pemilih. 


Reporter: LLL

Editor: Nur Hidayat

 

Nur Hidayat
09-11-2015 21:08