Main Menu

Ketika Ahok-Anies Kritik Bantuan Rp 5 Juta AHY

Wem Fernandez
13-01-2017 22:38

Jakarta,GATRANews - Program bantuan langsung yang dicanangkan oleh pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni mendapatkan kritik dari dua pasangan calon lain, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Anies Baswedan. AHY berencana memberikan bantuan kepada masyarakat miskin Rp 5 juta tiap tahun atau dengan estimasi Rp 400.000 setiap bulannya.

"Kadang kami suka ketawa juga seolah-olah kami ini tidak suka orang miskin, benci orang miskin. Masyarakat mengatakan Rp 400.000 perbulan itu terlalu kecil bapak (AHY). Yang kami berikan ke anak SMA  estimasinya Rp 600.000 per bulan.  Kalau orang miskin punya tiga anak SMA maka Rp. 1,8 juta perbulan," tegas Ahok dalam acara debat pertama di Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat, (13/1). 


Selain itu, Ahok juga mengkritik cara pemberian uang tersebut yang dilakukan secara langsung (cash). Baginya, dengan sistem via transfer, pihak terkait bisa langsung mengawasi peruntukan uang tersebut.

Berbeda dengan Ahok, menurut Anies membantu masyarakat Jakarta melalui bantuan tersebut adalah sesuatu yang baik adanya. Namun, jauh lebih baik adalah memberikan kepercayaan, memberikan harga diri bagi masyarakat Jakarta.

"Memberi itu sesuatu yang baik tapi tidak kalah baik adalah memberikan masyarakat harga diri bukan, cash transfer tetapi melalui dan menciptakan lapangan pekerjaan," tegas Anies.


 

Reporter : Wem Fernandez

Editor: Rosyid

Wem Fernandez
13-01-2017 22:38