Main Menu

ACTA Bela Pertemuan Tidak Sengaja Anies-Sumarno

Abdul Rozak
10-03-2017 19:14

Jakarta, GATRAnews - Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) menilai pertemuan Ketua KPU DKI Sumarno dengan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu tidak melanggar kode etik. Sumarno dan Anies bertemu di salah TPS yang menggelar pemungutan suara ulang Pilkada DKI Jakarta putaran pertama.


Ketua Dewan Penasihat ACTA Hisar Tambunan mengatakan, pertemuan Anies dengan Sumarno tidak direncanakan. Pertemuan itu dilakukan di tempat terbuka dan disaksikan oleh masyarakat dan media masa.

"Kalau pertemuan tidak sengaja dan di tempat terbuka bisa saja. Itu kan di mall juga bisa," ungkap Hisar kepada wartawan di Gedung DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (10/3).

Hisar mengatakan, pertemuan itu beda dengan apa yang dilakukan Sumarno dan Tim Pemenangan Basuki T. Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di sebuah hotel di Jakarta Barat, Kamis (9/3) kemarin. Meski berdalih menjadi pembicara, pertemuan itu dilakukan secara tertutup.

Seperti beritakan, ACTA melaporkan Sumarno dan Dahlia Umar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran kode etik. Kedua komisioner KPU DKI Jakarta itu menjadi pembicara dan mengaku diundang ke acara rapat internal tim pemenangan Ahok-Djarot.

Selain melaporkan Sumarno dan Dahlia Umar, ACTA juga melaporkan Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti ke DKPP. "Mereka diundang ke pertemuan yang tertutup dengan orang terbatas, hanya internal dan tidak ada yang tahu, ini bahaya. Masyarakat DKI juga bertanya-tanya," sambungnya.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
10-03-2017 19:14