Main Menu

PKS dan Gerindra Jawa Barat Sepakat Bersekutu pada Pemilihan Gubernur

Dani Hamdani
13-06-2017 11:11

Bandung, GATRAnews - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra semakin mantap untuk berkoalisi dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Hal tersebut terungkap setelah Partai Gerindra menyambangi kantor DPW PKS sambil buka puasa bersama pada Senin malam (12/6/17).

 

Itu merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya kader PKS melakukan hal serupa menyambangi Kantor DPD Gerindra. Ketua DPD Gerindra Jawa Barat Mulyadi memastikan sekutu ini merupakan nilai lebih dari sekadar koalisi yang hanya berjalan singkat.

 

Dengan persekutuan, lanjutnya, kedua partai ini bersepakat untuk bergandengan menuju kontestasi pesta demokrasi terbesar di Jabar ini guna meraih kemenangan.

 

"Ini menjadi roadmap sebagai tanggung jawab kita, Jabar sekarang dan yang akan datang. Lebih mengerucut kita membangun koalisi untuk kontestasi pilkada di Jabar," ungkap Mulyadi di Kantor PKS Kota Bandung, Selasa (13/6).

 

Hasil pertemuan tersebut, kata Mulyadi, akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman diantara kedua partai besar tersebut. Selanjutnya, nota kesepahaman ini akan dieksekusi oleh kedua badan pemenangan Pilkada di masing-masing partai.

 

"Konteks aktifitas ini ada di masing-masing badan pemenangan pilkada baik di Gerindra maupun PKS," jelasnya.

 

Salah satu yang terdekat akan dilakukan kedua adalah akan segera membahas teknis dengan membuat time table-nya agar kerjasama ini bisa di eksekusi di daerah agar pilkada di Jabar sukses.

 

Selain itu, Mulyadi pun mengklaim kedua pihak tersebut telah membahas strategi pemenangan secara umum, sehingga nantinya akan mudah merealisasikan langkah selanjutnya.

 

"Kesepahaman di sini bukan hanya koalisi, tapi jadi partai sekutu, artinya frekuensi, aktifitas dan tujuan yang sama," kata Mulyadi.

 

Disinggung mengenai komposisi kandidat Cagub ataupun Cawagub, sambung dia, baik Gerindra maupun PKS hingga kini belum memutuskan, Menurutnya, masing-masing partai akan menyerahkan keputusan tersebut kepada masing-masing DPP.

 

"Kita masih menghargai proses di masing-masing partai, menunggu keputusan masing-masin DPP,"  jelasnya.

 

Ketua DPW PKS Jabar, Ahmad Syaikhu mengatakan pertemuan ini merupakan sinergitas untuk mencapai tujuan melalui nota kesepahaman, sehingga tercapai langkah dan irama yang sama untuk memenangkan pilkada serentak 2018.

 

"Pertemuan dengan Gerindra ini salah satu poin pentingnya yaitu menyamakan frekuensi. Soal nomor satu atau dua, kami cair dan rasional melihat hasil survei," ungkap Syaikhu.

 

Meski kedua partai telah sepakat bersekutu, sambung Syaikhu, Gerindra dan PKS tetap membuka kemungkinan berkoalisi dengan partai lain untuk bersama-sama memenangkan Pilgub Jabar. 

 

"Kita tetap terbuka dengan partai lain, asalkan mempunyai frekuensi, visi, pergerakan, dan tujuan yang sama," kata Syaikhu.


Reporter: Muha Zainal

Editor: Dani Hamdani

Dani Hamdani
13-06-2017 11:11