Main Menu

PKB Optimistis Gus Ipul-Puti Guntur Menang di Pilkada Jatim

Wem Fernandez
10-01-2018 12:27

Puti Guntur Soekarno. (Dok. Twitter/@PutiSoekarno/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Teka-teki pendamping Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) akhirnya terjawab sudah. PDIP  menjatuhkan pilihan pada Puti Guntur Soekarno.

 

Rabu, (10/1) tadi surat keputusan rekomendasi pencalonan di Pilgub Jatim telah diambil pasangan ini di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung. Atas pencalonan ini, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Partai kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan memberikan ucapan selamat. 

 

“Selamat kepada Gus Ipul akhirnya mendapat pendamping yang tepat: cantik, muda, berwibawa dan mewakili trah Soekarno. Pasangan yang pas karena gabungnya cicit pendiri NU dan cucu pendiri republik, saling memperkuat elektabilitas,” kata Daniel saat dihubungi wartawan, Rabu, (10/1), siang. 

 

PKB, tegasnya sangat mendukung duet pasangan ini. Dalam waktu dekat nantinya akan di deklarasikan. “Saya yakin menang,” kata dia. 

 

Spekulasi siapa nama yang bakal mendampingi Gus Ipul di Pilkada Jatim terus muncul setelah pasangan sebelumnya, Azwar Anas mengundurkan diri dari bursa pencalonan. Bupati Banyuwangi tersebut mengundurkan diri setelah foto mirip dirinya dengan seorang wanita beredar luas. 

 

Setidaknya ada tiga nama selain Puti Guntur, yakni, Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistiono dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari yang digadang-gadang menggantikan Azwar. 

 

Dengan demikian  Gus Ipul-Puti sendiri telah resmi didukung oleh PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi), PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi. Sedangkan pasangan Khofifah-Emil Dardak  disokong oleh Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen sebanyak 42 kursi.


Reporter : Wem Fernandez  

Editor      : Cavin R. Manuputty

Wem Fernandez
10-01-2018 12:27