Main Menu

Kunjungi Pasar Praban Surabaya, Emil Dardak Kenalkan Program “Gemilang”

Mukhlison Sri Widodo
05-03-2018 10:19

Calon wakil Gubernur Jatim Emil Dardak di kios sepatu (GATRA/Abdul Hadi/yus4)

Surabaya, Gatra.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengunjungi Pasar Praban Surabaya, Sabtu (3/03) malam. 

Emil menemukan beberapa produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar luar negeri. Diantaranya sepatu produk lokal  yang layak menjadi ikon daerah.

”Saya datang mencari barang-barang lokal. Mungkin kita juga sudah saatnya mengembangkan merk-merk sendiri,” kata Emil.

Ia menegaskan, cukup banyak hasil produksi pengrajin dari kalangan usaha kecil menengah yang  layak  didorong  untuk  memiliki brand atau merek sendiri. 

Sebab, selain karena kualitas produk bisa bersaing di pasaran, juga untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir dan ikut mendorong membesarkan mereka.

Bupati Trenggalek nonaktif ini mengapresiasi pasar legendaris yang berdiri  sejak 1970 itu tetap bertahan di tengah wilayah segitiga emas Kota Surabaya, yang lokasinya bersinggungan dengan Jalan Tunjungan dan Emong Malang Surabaya.

"Keberadaan Pasar Praban yang digerakkan oleh usaha kecil menengah sampai sekarang tetap hidup di tengah pesatnya pertumbuhan pusat perbelanjaan modern yang terus bermunculan di Kota Surabaya," ujarnya bangga.

Pasar Praban sejak dulu dikenal sebagai pusat penjualan sepatu dan peralatan musik, khususnya gitar. 

"Gitar-gitar buatan lokal ketika saya coba mainkan suaranya juga terdengar lumayan. Hanya tinggal mencari penyempurnaan-penyempurnaan tambahan saja," paparnya.

Menurut Emil, sudah saatnya Indonesia mengembangkan merek-merek sendiri dari produk dalam negeri. Saat ini, sudah banyak produk lokal buatan dalam negeri. 

“Hanya saja kebanyakan belum punya merek paten dan terdaftar," tegasnya.

Karena itu, lanjut dia, pemerintah perlu berperan aktif membantu akses pasar agar produk lokal bisa berkembang dan dikenal bahkan sampai ke mancanegara. 

Untuk itu Emil bersama Khofifah telah menyiapkan ‘Program Gemilang’. Gemilang adalah singkatan dari Gerakan Mutu Industri Cemerlang.

Program itu  dikonsep dalam Nawa Bakti Satya untuk membantu akses dan pengembangan pasar bagi para pelaku usaha kecil menengah. 

"Gemilang adalah semacam program ajang mencari bakat atau potensi yang terpendam dari para pelaku usaha kecil menengah agar produknya bisa terus di-upgrade," tandasnya.

Suami artis Arumi Bachsin ini meyakini program tersebut dapat diterapkan untuk mengembangkan produk-produk lokal yang dijual di Pasar Praban Surabaya.

Emil telah menerapkan program tersebut di Trenggalek. Di antaranya membantu pengurusan merek untuk produk batik lokal, sekaligus membuka pasar ke luar daerah. 

Hasilnya, kini produk batik dari daerah berjuluk "gerbang depan pesisir selatan" itu sudah bisa nampang di gerai-gerai pusat perbelanjaan bergensi di Ibu Kota.

Pada Pilgub Jatim 2018, Emil Dardak mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Pasangan Khofifah-Emil Dardak diusung koalisi partai Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP, PAN, dan Hanura.

Sedangkan rivalnya, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno diusung koalisi PDIP, PKB, PKS, dan Gerindra.


Reporter: Abdul Hady JM

Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
05-03-2018 10:19