Main Menu

Ini Rahasia Emil Dardak Raih Gelar Doktor Usia 22 Tahun

Mukhlison Sri Widodo
04-03-2018 19:20

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (Antara/Zabur Karuru/yus4)

Surabaya, Gatra.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memanfaatkan libur akhir pekan dengan blusukan ke pasar sepatu Praban Surabaya, Sabtu (3/03) malam.

Emil sudah lama penasaran dengan pasar legendaris yang berada di Jalan Praban dan sudah berdiri sejak tahun 1970 tersebut. 

Selain mampu beradaptasi dengan serbuan pusat perbelanjaan dan toko-toko sepatu modern, pasar ini  tetap bertahan dengan ciri khasnya  yakni  menjadi jujukan pembeli kelas menengah ke bawah.

Padahal, diakui Emil Dardak, lokasi pasar ini berada di segitiga emas yakni Tunjungan, Embong Malang dan Praban sendiri.  Sepatu yang dipasok pun kebanyakan produk lokal dari Sidoarjo dan Mojokerto.

Seraya mencari-cari sepatu yang sejak awal diincarnya, Emil Dardak menyempatkan ”ngobrol” dengan para pedagang. Tak butuh lama, Emil menemukan sepatu pilihannya dan membelinya. ”Ini sepatu bagus dan produk lokal yang tak kalah dengan produk luar,” ujarnya.

Ada  kejadian menarik saat Emil Dardak menyapa sejumlah pedagang. Bukannya menceritakan suka duka sebagai pedagang, seorang penjual di pasar itu malah antusias bertanya soal prestasi Emil yang berhasil meraih gelar doktor di usianya yang masih 22 tahun.

”Sangat langka lho bagi warga Indonesia meraih gelar di usia muda, apa rahasianya Pak,” tanya Lutfi, salah seorang pedagang sepatu di Pasar Praban.

Kekaguman ayah tiga anak itu semakin besar begitu mengetahui bahwa Emil Dardak merupakan lulusan doktor di Jepang dengan predikat termuda se Asia Pasifik tersebut.

Mendapat pertanyaan tak terduga, Emil tampak kaget. "Rahasianya jangan melamun ketika belajar dan di sekolah. Intinya itu," Emil menjawab spontan.

”Hal lain apa pak,” tanya Lutfi seperti masih penasaran. “Dukungan orang tua,” jawab Emil. 

Lingkungan yang  baik dan tepat bagi perkembangan pribadi anak, lanjut Emil, menjadi faktor berikutnya.

Lutfi mengaku sangat mengagumi Emil Dardak dan menginginkan anak-anaknya bisa meneladani jejak Emil yang cemerlang dan sangat membanggakan bagi orang tua tersebut. 

“Semoga anak-anak saya seperti Bapak, doakan,” ujarnya.


Reporter: Abdul Hady JM

Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
04-03-2018 19:20