Main Menu

Charta Politica : Dukungan Gerindra - PKS Tidak Signifikan Terhadap Gus Ipul - Puti Guntur

Abdul Rozak
22-03-2018 15:58

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memberikan pemaran hasil survei mengenai Pilkada Jawa Timur oleh lembaga survei Charta Politika di Jakarta. (ANTARA/Aprillio Akbar/RT)

Jakarta, Gatra.com - Dukungan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kepada pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Pilkada Jawa Timur ternyata tidak membawa dampak signifikan. Kader dan simpatisan dua partai ini justru banyak memilih Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak.

 

Survei Charta Politika memperlihatkan 50% kader dan simpatisan Gerindra mendukung Khofifah - Emil. Dan 34,1% yang mendukung pasangan Gus Ipul (Saifullah) - Puti Guntur.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menjelaskan kader dan simpatisan PKS di Jawa Timur yang mendukung Gus Ipul dan Puti hanya 33,4%. 55,6% lainnya justru memilih Khofifah dan Emil Dardak.

"Dua partai ini belum berkontribusi banyak terhadap Gus Ipul dan Puti. Malah kader dan simpatisan PKS dan Gerindra lebih memilih Khofifah - Emil," ungkap Yunarto di Jakarta Pusat, Kamis (22/3).

Dukungan kepada Gus Ipul - Puti Guntur lebih banyak datang dari PDIP (59,9%) dan PKB (64,1%). PKB dan PDIP adalah partai pemenang nomor 1 dan 2 pada pileg 2014 di Jawa Timur.

Survei tersebut juga menunjukan Partai Demokrat menjadi pasanngan paling solid mendukung Khofifah - Emil Dardak dengan 70,5%. Kader dan simpatisan Demokrat yang mendukung Gus Ipul - Puti hanya 18,0%.

Khofifah - Emil didukung koalisi Partai Golkar, Demokrat, PPP, Hanura, PAN dan Nasdem. Pilkada Jatim 2018 adalah ajang ketiga yang diikuti Khofifah setelah dua kali dikalahkan oleh Soekarwo - Gus Ipul.

"Demokrat sangaf solid dan confirm mendukung Khofifah. Tidak seperti partai lainnya," pungkas Yunarto.

Charta melakukan survei terhadap 1.200 responden yang memiliki hak pilih di Pilkada Jawa Timur dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling), 3 - 8 Maret 2018. Survei memiliki margin of error plus minus 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
22-03-2018 15:58