Main Menu

Tiga Amanat Titipan Kiai Kharismatik Sumenep Buat Gus Ipul

Mukhlison Sri Widodo
26-03-2018 17:16

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Antara/Prasetia Fauzani/yus4)

Sumenep, Gatra.com - Mengawali kunjungannya di Sumenep, Senin (26/03), calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersilaturrahmi ke Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Pakamban Laok, Pragaan, Sumenep.

Gus Ipul sowan kepada pengasuh pesantren, KH R Imron Syahruddin. Kiai Imron salah satu kiai sepuh kharismatik yang berusia hampir satu abad, yakni 96 tahun.

Kepada Gus Ipul, Kiai Imron setidaknya menitipkan tiga amanat bila kelak ditakdirkan menjadi Gubernur Jatim bersama pasangannya Puti Guntur Soekarno. Yakni pemimpin yang cinta agama, tanah air, dan rakyat.

"Tolong jadilah pemimpin yang cinta Allah (agama), cinta tanah air, dan cinta rakyat," ujar keponakan Almarhum KH R As'ad Syamsul Arifin, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah di Desa Sukorejo, Asembagus, Situbondo ini.

Kiai Imron kemudian mengutip penggalan Firman Allah dalam Al Quran. "Dunia ini haruslah dipimpin oleh orang-orang yang sholeh bukan sholihah," ucapnya.

Usai menitipkan pesan, Kiai Imron lantas membacakan doa kepada Gus Ipul. "Semoga menjadi pemimpin yang amanah dan mampu melahirkan program kebaikan untuk rakyat. Gus Ipul Insya Allah akan menang jadi Gubernur Jawa Timur," tegasnya.

Merespon amanah itu, Gus Ipul menyatakan siap mengimplementasikannya, terutama dalam beberapa program pembangunan di Madura. 

"Kami berterimakasih atas dukungan dan petuah beliau. Implementasi petuah beliau Insya Allah kami tuangkan dalam beberapa program," ujarnya.

Salah satunya, Gus Ipul akan menyiapkan Program Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura di tiap tahunnya). 

Melalui program tersebut, diharapkan percepatan pembangunan Madura bisa dimaksimalkan. Bahkan untuk memastikan program tersebut berjalan, Gus Ipul menyatakan siap berkantor di Madura. 


Reporter : Abdul Hady JM
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
26-03-2018 17:16