Main Menu

Wisata Ke Gili Ketapang, Emil Janjikan Promosi Internasional

Mukhlison Sri Widodo
09-04-2018 04:15

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. (Dok. FB/@emilelestiantodardak/FT02)

Probolinggo, Gatra.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak berjanji akan mengawal wisata Gili Ketapang menjadi wisata unggulan di Jawa Timur. 


Sebab, selain lokasinya sangat strategis dekat dengan Wisata Promo, juga pemudanya memiliki kemandirian.

Hal itu disampaikan Emil di sela melakukan ekspedisi ke Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Minggu (8/07). Emil didampingi istrinya, Arumi Bachsin.

Ekspedisi Emil dan Arumi di Pulau Gili Ketapang mendapatkan sambutan luar biasa dari penduduk setempat. 

Bahkan penduduk sekitar tak henti-hentinya berkumpul mengikuti Emil Dardak dan Arumi serta antri meminta foto bersama.

Menurut Emil, ada banyak potensi yang dimiliki oleh wisata Gili Ketapang terutama dari kemandirian pemudanya dalam mengembangkan wisata yang dikenal sebagai tempatnya snorkeling ini. 

Bahkan menurutnya wisata ini bisa bersinergi dengan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Bromo Tengger Semeru karena lokasinya berdekatan.

”Makanya tadi ada cita-cita bersama dengan pemuda di sini sunrise di Bromo dan sunset di Gili Ketapang," ujarnya.

Emil akan mengupayakan revitalisasi kawasan wisata ini menjadi pilot project untuk dibawa ke forum kepala daerah se Asia Pasific agar bisa dibantu ide,  komunitas, bahkan donor yang bisa membantu mengembangkan wisata ini semisal mengunakan listrik dengan energi terbarukan.

Sektor pariwisata masuk dalam visi misi pasangan Khofifah-Emil yakni Jatim Harmoni. Dimana akan adanya pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan sektor ekonomi pariwisata. 

Apalagi menurutnya Komite Ekonomi Investor Nasional menyampaikan bahwa ada lima sektor unggulan diantaranya pariwisata, digital, manufaktur, maritim, dan pertanian. 

"Makanya pariwisata ini butuh perhatian khusus karena dengan penduduk hampir 40 juta jiwa, potensi wisatawan domestik sudah luar biasa. Dan ini benar-benar dikemas menjadi industri yang bisa menggerakkan ekonomi yang berpihak kepada masyarakat," pungkasnya. 


Reporter: Abdul Hady JM
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
09-04-2018 04:15