Main Menu

Rayakan Hari Lahir, Sudirman Said Sebut Cukup Satu Periode Jabat Gubernur

Mukhlison Sri Widodo
16-04-2018 21:25

Aksi donor darah Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said.(GATRA/Arif Koes/re1)

Semarang, Gatra.com - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said berulang tahun ke-55 hari ini, Senin 16 April 2018.

 

Di hari kelahirannya, ia menyebut jika terpilih gubernur cukup menjabat satu periode.

Ia merayakannya dengan cara menggelar aksi donor darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Semarang, Senin (16/4), bersama 75 orang relawannya.

“Hari lahir adalah hari kita menjadi manusia seutuhnya.  Bersyukur 55 tahun sudah saya jalani, bermohon ke hadirat Allah agar usia yang tersisa memberi manfaat bagi sebanyak-banyaknya manusia," kata Sudrman mengenai  menggelar aksi donor darah di hari ulang tahunnya dalam pernyataan tertulisnya seperti yang diterima GATRA.

Selain itu, kata dia, biasanya di bulan Ramadhan jumlah pendonor darah turun drastis sehingga PMI kekurangan stok darah. 

Karenanya ia mengajak para relawan untuk membantu PMI menyediakan stok darah di bulan Ramadhan.

"Biasanya karena takut makin lemas, banyak mereka yang berpuasa takut mendonorkan darahnya. Karena itu, sebelum puasa tiba, PMI perlu dibantu mencukupi stok untuk kebutuhan di bulan Ramadhan," imbuhnya. 

Setiap hari PMI Kota Semarang membutuhkan 350 kantong darah. Jumlah ini dipenuhi dari sejumlah UTD di tingkat kecamatan. Di UTD PMI Kota Semarang, ada sekitar 100 pendonor darah per hari.

Dalam kesempatan itu, Sudirman juga megajak generasi muda untuk  donor darah sebab selama ini kesannya donor darah hanya oleh orang dewasa.

"Donor darah adalah kegiatan yang baik dan menyehatkan. Dengan donor darah sirkulasi darah menjadi bagus. Jadi generasi milenial jangan ragu mendonorkan darahnya," paparnya.

Sebelum mendonorkan darah, Sudirman mendapat ucapan selamat,  bunga mawar, dan lagu selamat ulang oleh keluarga dan relawan di ruang PMI Kota Semarang.

Setelah acara donor darah, Sudirman juga menggelar tumpengan di Kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng.

Hadir Ketua PWNU Jateng KH Abu Hapsin, Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh, calon wagub Ida Fauziyah,  serta sejumlah pengurus PWNU.

Sudirman memotong tumpeng ulang tahun dan diberikan kepada KH Ubaidillah Shodaqoh. Potongan kedua diberikan kepada KH Abu Hapsin.

"Ini untuk pertama kalinya ada ulang tahun dirayakan di kantor PWNU," kata Abu Hapsin.

Di aacara itu, ia juga menjelaskan program kerjanya jika kelak terpilih memimpin rakyat Jateng. 

Ia juga menegaskan, hanya akan menjabat gubernur selama satu periode. 

Alasannya, jika menjabat dua periode, ia tidak mau terjebak popularitas, korupsi, dan penyalahgunaan kekuasaan.

"Itu semua bisa dijadikan sarana untuk menjatuhkan lawan politik. Jadi kalau saya insyaa Allah jadi gubernur, saya cukup satu periode saja," katanya.

KH Ubaidillah menanggapi pernyataan Sudirman, bahwa mayoritas rakyat Jateng adalah warga Nahdliyin. 

"Jadi kalau banyak rakyat Jateng yang miskin sebagian besarnya adalah warga NU. Kalau makmur, warga NU juga yang makmur. Jadi kami mendukung setiap program untuk mengentaskan rakyat miskin," kata KH Ubaidillah.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
16-04-2018 21:25