Main Menu

Puan Maharani : Nama Cawapres Jokowi dari PDI Perjuangan Sudah Ada

Bernadetta Febriana
19-05-2018 07:10

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/re1)

Jakarta, gatra.com - Puan Maharani hanya tersenyum ketika menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan dirinya tertarik untuk menjadi cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang. "Sekarang kan saya Menko PMK," katanya ketika diwawancara Gatra, beberapa waktu lalu. Meski demikian, putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ini menyatakan bahwa di partainya, nama-nama kandidat siapa yang akan menjadi cawapres sudah ada.

Hanya saja, lanjutnya, nama-nama itu memang tidak disampaikan kepada publik untuk saat ini. "Kalau di PDI Perjuangan, culturenya itu, pembicaraan tertutup terbatas internal yang orang gak tau," katanya. Bila kemudian akhirnya keluar keputusan, maka yang ditugaskan pun tidak akan bisa menolak dan harus menjalankan

Hanya saja, Puan tidak mau menyebutkan berapa banyak nama kandidat yang bakal diajukan kepada Jokowi. Hanya saja, lanjutnya, pihaknya berharap sebelum resmi pendaftaran sudah ada pembicaraan antara Jokowi dan Megawati Soekarnoputri. "Juga lebih baik ada pembicaraan antara Pak Jokowi, BU Mega dan juga Ketua Umum Parpol pendukung, supaya ada kesatuan pandangan. Hanya saja, itu memang masih Agustus, masih lama," ujar Puan lagi.

Kriteria yang wajib dimiliki oleh cawapres Jokowi, lanjutnya, salah satunya adalah mampu mendongkrak suara di seluruh wilayah dan mendatangkan kemenangan pada pilpres 2019. "Kriteria selanjutnya, memang belum ditentukan karena dinamika politik yang kadang gak jelas juga," katanya.

Klausul persyaratan harus sebagai Ketua Umum Parpol pun, kata Puan, tidak ada. "Persyaratan dari UU kan cuma WNI di atas 40 tahun," katanya sembari tergelak.


Penulis : Tim Gatra

Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
19-05-2018 07:10