Main Menu

Survei Terbaru Pilwalkot Bandung Ungkap Tak Ada Calon Dominan

Sandika Prihatnala
28-05-2018 21:22

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Bandung, Gatra.com - Dua lembaga menunjukkan hasil survey terbaru terkait pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung. Dapat disimpulkan, tak ada satupun pasangan calon yang dominan.

 

Bandung Research and Consulting dalam surveinya menyebut pasangan Yossi-Aries unggul dengan tingkat elektabilitas 38,3 persen. Sedangkan Oded-Yana meraih 32,4 persen dan pasangan Nurul-Chaerul hanya meraih 18,2 persen. Sedangkan sebanyak 11,1 persen responden mengaku belum tahu atau merahasiakan pilihannya

Sementara, berdasarkan survei yang digelar Indonesia Strategic Institute (Instrat), pasangan Yossi-Aries juga mengungguli dua paslon lainnya dengan raihan 29,77 persen. Sedangkan posisi kedua ditempati Yana-Oded dengan 29,09 persen dan Nurul-Chairul berada di peringkat buncit dengan raihan 27,27 persen. Sedangkan tidak menjawab/belum menentukan pilihan 12,73 persen.

Peneliti Instrat, Sidratun Naim dalam rilis yang diterima wartawan mengatakan survei menggunakan teknik wawancara terstruktur secara face to face langsung dengan responden di 30 kecamatan di Kota Bandung. Survei dilaksanakan pada 12-15 Mei 2018 dengan margin of error 4,6%. Jumlah responden sebanyak 440 orang.

"Tipisnya perbedaan potensi elektabilitas ketiga paslon akan membuat pilkada Kota Bandung akan sangat kompetitif hingga menjelang pencoblosan," kata Sidratun, Senin (28/5).

Sementara Director of Public Communication Bandung Research and Consulting, Soleh Hadisutisna mengatakan pada survei terbarunya Yossie – Aries pun terbilang unggul. Diakui hal ini diluar prediksi karena ketika survey pertama digelar, Oded-Yana masih unggul dengan tingkat elektabilitas 45 persen. Yossi-Aris masih di posisi kedua.

"Dari ketiga calon Walikota, Yossi Irianto juga memiliki elektabilitas paling tinggi dengan 35,7 persen, Oded M Danial sebesar 31,2 persen dan Nurul Qomaril Arifin dengan 17,6 persen. Dan tidak menjawab/rahasia 15,5 persen," kata Soleh.


Reporter : Mohammad Zainal

Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
28-05-2018 21:22