Main Menu

Ini Sembilan program Kerja Unggulan Emil-Uu

Ervan
10-06-2018 04:32

Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (kiri)-Uu Ruzhanul Ulum (kanan) menyampaikan visi dan misinya pada Debat Publik Putaran Kedua Pillgub Jabar 2018. ( ANTARA/Indrianto Eko Suwarso/RT)

Jakarta, Gatra.com -- Pasangan calon gubernur (Cagub Jabar) Ridwan Kamil dan Cawagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) memiliki sembilan program kerja unggulan untuk ditawarkan kepada calon pemilihnya. Itu diungkapkan oleh Koordinator Tim Pakar dan Materi pasangan Rindu, Ridwansyah Yusuf. 

Menariknya, penamaan program itu diambil dari kuliner khas daerah-daerah yang ada di Jawa Barat seperti Laja, Semur, Jamu, Opak, Wajit, Cikur, Talas, Lemper, hingga Bubur. Ridwansyah Yusuf, mengatakan bahwa penamaan program-program unggulan Rindu dengan nama-nama kuliner adalah agar gampang diingat saat disosialisasikan kepada masyarakat.

Pertama, LAJA  adalah singkatan dari lapangan pekerjaan. Pasangan Rindu berkomitmen untuk membuka seluas-luasnya kesempatan kerja untuk berbagai latar belakang pendidikan dengan mendorong dibukanya industri padat karya, lahirnya wirausaha baru dan kemudahan berbisnis bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kedua, SEMUR atau Sembako Murah. Lewat SEMUR, pasangan Rindu akan berusaha untuk menjaga stabilitas harga sembako dengan memastikan mata rantai pertanian yang efisien, kepastian ketersediaan sembako dan mendorong peningkatan produksi pertanian.

Di urutan ketiga ada JAMU, yang dalam kehidupan sehari-hari merupakan minuman tradisional yang membuat tubuh menjadi sehat. "Bagi pasangan Rindu, JAMU atau Jalan Mulus adalah komitmen untuk membangun jalan mulus 100 persen, tak hanya di kawasan perkotaan, juga hingga ke desa-desa, pedalaman dan daerah perbatasan provinsi Jawa Barat dengan provinsi lainnya," ungkap Yusuf dalam siaran pers yang diterima Gatra.com Ahad (10/6/2018)).

Nomor empat, ada OPAK. Penganan tradisional yang terbuat dari ketan dan menjadi kegemaran banyak kalangan. Melalui OPAK (One Product at One Kampung), Rindu akan menghadirkan satu desa menghasilkan satu produk yang dapat dipasarkan di seluruh Jawa Barat, Indonesia, bahkan dunia.

"Rindu akan mendorong untuk membantu promosi dan menyelenggarakan beragam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Desa. Di sisi lain, BUMDes, akan didorong untuk berperan sebagai perusahaan yang mendorong berkembangnya produk-produk OPAK," imbuh Yusuf.

Rindu juga akan mengembangkan WAJIT atau Pariwisata Jitu sebagai program Kelima. Nantinya, Rindu akan mewujudkan program satu kabupaten/kota satu tujuan wisata. Baik itu wisata alam ataupun wisata buatan. Nantinya pemerintah provinsi akan mendukung penguatan akses infrastruktur dan promosi, serta mendorong lahirnya bisnis baru dan pariwisata, serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Program unggulan Rindu berikutnya alias nomor enam adalah CIKUR atau Citarum Kita Juara. Rindu akan menghadirkan Sungai Citarum yang bersih, bermanfaat dan berkelanjutan dengan penegakan hukum dan edukasi kepada pelaku industri dan masyarakat yang hidup di bantaran Sungai Citarum.

Para petani dan nelayan juga tidak dilupakan oleh pasangan Rindu. Untuk mereka, menu yang disajikan adalah TALAS atau Petani dan Nelayan Sejahtera sebagai program nomor Tujuh. Dengan TALAS, para petani-nelayan dibantu produksinya, disubsidi kebutuhan pokoknya, dijamin kesehatan dan pendidikan keluarganya, serta dipromosikan hasil usahanya.

Pasangan Rindu juga menawarkan menu unggulan LEMPER atau Lembur Penuh Listrik dalam program Kedelapan. Emil-Uu memastikan jaringan listrik akan sampai ke desa-desa yang memungkinkan setiap rumah dapat mengakses jaringan listrik, sehingga elektrifikasi hingga ke rumah di seluruh Jawa Barat dapat tercapai.

"Melalui program Jabar Caang Baranang, Pemprov akan membangun jaringan listrik baru, dengan menggunakan lampu LIMAR (Listrik Mandiri Rakyat), berbasis aki yang dapat diisi ulang," jelasnya. LIMAR bukan program melainkan lampu baru yang bakal menerangi Jawa Barat jika Rindu terpilih.

Kaum Buruh juga senantiasa menjadi perhatian pasangan Rindu. Untuk para pekerja di pabrik, Rindu menawarkan program BUBUR atau Buruh Bisa Makmur sebagai program terakhir. Program tersebut berupa penyediaan subsidi untuk buruh dalam hal pendidikan, kesehatan, dan harga bahan pokok. Pemprov juga akan membangun apartemen untuk buruh di sekitar lokasi pabrik, dan menyediakan transportasi untuk buruh, yang dapat mengurangi pengeluaran buruh agar buruh dapat hidup sejahtera.

"Sembilan menu unggulan untuk perubahan di Jawa Barat, yang hanya bisa dihadirkan oleh pemimpin muda usia, dengan stamina prima untuk Jawa Barat Juara," katanya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Aries Kelana

 

 

 

Ervan
10-06-2018 04:32