Main Menu

Pengamanan Pilkada NTT, Polisi Terjunkan Enam Ribuan Personil

Sujud Dwi Pratisto
27-06-2018 06:57

Pengamanan Pilkada Serentak. (ANTARA/R. Rekotomo/FT02)

Artikel Terkait

Kupang, Gatra.com - Kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengerahkan 6.745 personil untuk pengamanan pemilu kepala daerah (Pilkada) serentak pada Rabu, (27/6).“Polda NTT kerahkan 6.745 personil untuk amankan Pilkada,” kata Kapolda NTT, Inspektur Jenderal Raja Erizman saat rapat persiapan Pilkada yang dipimpin Wakil Gubernur NTT, Benny A Litelnoni, di Kupang, Selasa, (26/6).

 

Dari jumlah tersebut, ungkap Erizman, Polda NTT mengerahkan 1.500 personil, Polres Kabupaten/ Kota sebanyak 5.125 personil, dan sisanya dari Brimob daerah. “ Personil tersebut dibagi dalam empar zona pengamanan yakni Flores, Sumba, Timor, Rote Ndao dan Sabu Raijua ,” ujar Erizman.

 

Pengamanan Pilkada diperketat untuk daerah yang dinilai rawan Pilkada  seperti Sumba Barat Daya (SBD), Ende, Alor dan Rote Ndao. “ Khusus Sumba Barat Daya  kami sudah tempatkan satu pleton Brimob,” kata Erizman. Pembagian tugas pengamanan, untuk tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan konflik ditempatkan dua personil. Sedangkan TPS yang aman, ditempatkan dua orang untuk lima TPS.

 

Erizman mengharapkan agar masyarakat NTT,  baik itu pasangan calon (paslon), kandidat maupun tim sukses paslon atau pemilih menjaga keamanan selama masa tenang ini. “Saya harapkan juga seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dan sama-sama dapat menjaga ketertiban ,” terangnya.

 

Selain personil kepolisian, lanjut Erizman, TNI juga menerjunkan 2.875 personil, diantaranya Korem 161 iIra Sakti Kupang 1.875 personil. Sisanya tersebar di 13 kodim dan 75 koramil, serta cadangan anggota TNI dari Brigid Komodo sebanyak 1000 personil. 

 

TNI AU menyiagakan pesawat Hercules untuk mengangkut anggota TNI, jika terjadi konflik Pilkada. “ Saya minta agar semua kita menjaga stabilitas,  situasi selama proses pemilihan. Kepada para pemilih diharapkan menggunakanlah hak pilih sesuai pilihan dalam hati nurani ,” katanya.  


Reporter : Antonius Un Tauloin

Editor     : Sujud Dwi Pratisto 

Sujud Dwi Pratisto
27-06-2018 06:57