Main Menu

Kotak Kosong Unggul di Pilkada Makassar, Danny Pomanto Sujud Syukur

Anthony Djafar
27-06-2018 16:45

Danny Pomanto bersama pendukungnya bersujud dalam Pilkada Kota Makassar (GATRA/dok/nhi)

Makassar, Gatra.com - Hasil penghitungan cepat (quick count) sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Makassar menempatkan kolom kosong dinyatakan berhasil mengungguli pasangan Munafri Arifuddin dan Rahmatika Dewi (Appi-Cicu).


Meski belum secara resmi diumumkan, namun perhitungan suara itu membuat Mohammad Ramadhan 'Danny' Pomanto bersama masyarakat yang menyatakan diri sebagai pendukung kotak kosong (koko) melakukan sujud syukur.

Itu dilakukan setelah menyaksikan perolehan suara dari hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survai melalui survei lokal dan media massa TV nasional.

“Alhamdulillah, baik CRC maupun TV nasional yang disiarkan langsung, telah menyatakan suara kolom kosong 98 persen. Di real count juga 93 persen. Artinya, Insyaallah kolom kosong akan memenangkan Pilkada Makassar,” ungkap Danny pada awak media, Rabu (27/6).

Meski Koko menang, Danny mengingatkan agar masyarakat tidak larut dalam euforia berlebihan, apalagi sampai melakukan pawai hingga mengganggu ketertiban di masyarakat.

“Proses ini masih berlangsung cukup lama yakni dari 27 Juni sampai 6 Juli 2018, maka kita harus kawal surat suara dengan baik,” katanya.

Danny mengatakan bahwa dengan kemenangan Koko, itu berarti kemenangan masyarakat Kota Makassar. Karena kotak kosong adalah suara rakyat, bukan milik pasangan calon tertentu.

Dalam hitungan lembaga survai Celebes Research Center (CRC), dari data yang masuk 53 persen, kotak kosong meraih suara sebesar 53,31 persen. Sementara pasangan Appi-Cicu meraih 46,69 persen suara.


Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
27-06-2018 16:45