Main Menu

Pilkada NTT, 32 TPS Lakukan Pencoblosan Ulang

Sujud Dwi Pratisto
29-06-2018 07:12

Babinkamtibmas dan Babinsa mengecek gembok kotak suara ( ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/yus4)

Artikel Terkait

Kupang, Gatra.com - Bawaslu NTT menyebutkan ada 32 tempat pemungutan suara  (TPS ) di NTT yang melaksanakan pemilihan ulang. Dari jumlah itu terbanyak berada di Kabupaten Timor Tengah Selatan ( TTS ) yaitu 11 TPS. “ Data yang kami terima dari Panwas Kabupaten dan Kota di NTT ada 23 TPS yang akan melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) ,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu NTT, Jemris Fointuna, Kamis (28/6)

 

Rinciannya, 11 TPS di Kabupaten TTS, Kabupaten Alor sebanyak tiga TPS, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) sebanyak dua, Kabupaten Kupang sebanyak tiga TPS dan Kabupaten Belu sebanyak satu TPS. “Jadi ke 32 TPS yang melakukan pemungutan suara ulang ( PSU ) itu karena ada satu dan lain hal sesuai temuan Panwas Kabupaten ,” kata Jemris.

 

Sesuai rekomondasi Panwas Kabupaten/Kota ke  KPU NTT,  masing –masing pencoblosan ulang itu paling lambat dilakukan Jumat, (29/6) “Kami harapkan agar ke 23 TPS itu bisa melaksanakan pencoblosan ulang itu sesuai rekomondasi Panwas ,” kata Jemris.

 

Sementara itu Kapolda NTT Irjen Raja Erizman mengatakan pihaknya sudah mendapat pemberitahuan dari Panwas dan KPU bahwa akan ada pemungutan suara ulang di 32 TPS yang menyebar di bebarapa Kabupaten. “ Petugas kami sudah diperintahkan siaga di 32 TPS itu. Mereka yang ditugaskan pada hari H 27 Juni di TPS –TPS itu, sudah kami perintahkan untuk tetap bertugas, hingga pencoblosan ulang selesai ,” kata Erizman kepada Gatra di Mapolda NTT ( 28/6).

 

Erizman menngungkapkan bahwa sebanyak 6.745 personil Polda  yang ditugaskan pada 22 Kabupaten/ Kota hingga sekarang tetap siaga. “ Mereka kami perintahkan tetap siaga hingga perhitungan akhir dari KPU. Sesudah itu jika kondisinya kondusif kami akan tarik kembali. Tetapi jika ada yang masih dibutuhkan, mereka tetap siaga ,” katanya.

 

Secara umum lanjut Irjen Raja Erizman, situasi  pemungutan suara dalam Pilkada serentak di NTT berjalan aman dan terkendali. “ Kondisinya sampai sekarang cukup aman dan terkendali. Harapan kami, kondisi seperti ini hingga selesai masa perhitungan final di KPU ,” katanya.


Reporte : Antonius Un Taolin (Kupang)

Editor    : Sujud Dwi Pratisto

 

Sujud Dwi Pratisto
29-06-2018 07:12