Main Menu

Kapolri Kembali Didorong Jadi Cawapres Jokowi

Wanto
14-07-2018 08:55

Komunitas Pencinta Jokowi-Tito Karnavian (KPJT).(GATRA/Wanto/re1)

 

 

- Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) mendeklarasikan dukungan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Mereka menamakan diri sebagai Komunitas Pencinta Jokowi-Tito Karnavian (KPJT).

Dalam deklarasi yang digelar di kompleks Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Sabtu, (14/7). Ketua KPJT Junaedi Sitorus mengatakan, Presiden Jokowi masih dibutuhkan untuk tampil kembali memimpin Republik Indonesia.

Lantaran Jusuf Kalla (JK) sudah tidak bisa mendampingi lagi karena terbentur aturan, maka dibutuhkan sosok lain mampu menyukseskan program Jokowi lima tahun mendatang.

"Kami melihat Kapolri Jenderal Tito Karnavian sangat cocok mendampingi beliau (Jokowi) pada Pemilu 2019 nanti," kata Junaedi dalam keterangan tertulisnya.

Ketika kembali diberi amanah oleh rakyat Indonesia untuk kedua kalinya, maka Jokowi membutuhkan partner untuk melanjutkan program pembangunan yang telah dirintis sejak 2014.

Untuk menyukseskannya, maka diperlukan jaminan keamanan dan penegakan hukum, termasuk meminimalisasi intoleransi, radikalisme, terorisme, dan peredaran narkoba.

"Tito dengan pengalamannya pernah menjadi orang nomor satu di Polri, tentu akan menjadi suplemen segar bagi Jokowi dalam menentukan arah kebijakan, termasuk membina Kapolri pengganti ketika dia menjadi Wakil Presiden," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPJT Harry Wardono mengatakan, Jenderal Tito Karnavian adalah sosok kapolri luar biasa seperti halnya Jenderal Pol (Purn) Hoegeng Imam Santoso. Dengan menjadi wakil presiden, maka Tito Karnavian bisa menerapkan ilmu-ilmu kepolisian yang dimiliki untuk menjalankan pemerintahan bersama Joko Widodo.

"Ini saran kepada Jokowi, negeri ini membutuhkan seorang pengaman yang luar biasa seperti Pak Tito," katanya.   

KPJT dalam waktu dekat akan mengirimkan surat usulan Jenderal Tito Karnavian menjadi cawapres kepada Jokowi. Surat akan dikirimkan ke Istana Presiden maupun ke rumah pribadi Jokowi. "Kami berharap usulan kami diterima oleh Pak Jokowi," katanya.

Dilain pihak, Kapolri Jenderal Tito Karnavian tidak mau terseret dalam politik praktis meski dinilai pantas mendampingi presiden Joko Widodo dalam pilpres 2019.

"Saya tidak mau didorong atau menarik saya ke politik," ujarnya.

Namanya disebut pantas menjadi calon wakil presiden untuk berlaga pada 2019 mendatang oleh pakar hukum tata negara Mahfud MD. "Itu pendapat pribadi beliau. Saya sudah bertemu dan sampaikan pendapat saya," ucapnya.


Reporter : Wanto

Editor : Bernadetta Febriana

Wanto
14-07-2018 08:55