Main Menu

KPU Surabaya: Baru Lima Parpol Yang Daftar

Rosyid
17-07-2018 09:05

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Surabaya, Gatra.com - Baru lima partai politik yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur. Sesuai jadwal, pendaftaran akan ditutup hari ini.

Anggota KPU Kota Surabaya Nurul Amalia menyebutkan kelima partai politik tersebut, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Bagi partai yang belum mendaftar, bisa konsultasi agar bisa manfaatkan waktu yang pendek sehingga cukup waktu bilamana ada berkas pencalonan yang perlu diperbaiki," katanya seperti dilaporkan Antara, Selasa (17/7).

Menurut dia, bakal caleg yang didaftarkan ke lima partai tersebut dengan perincian sebagai berikut: Perindo sebanyak 50 orang, PSI 22 orang, PKB 50 orang, Hanura 49 orang dan PKS 50.

Selain itu, Nurul memberikan informasi, jika ada bakal caleg yang berkasnya belum lengkap bisa dilengkapi pada masa perbaikan yakni pada 22-31 Juli 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi menegaskan pihaknya tidak akan menerima pendaftaran bakal caleg setelah 17 Juli 2018. "Jadi kami tunggu pendaftaran hari ini sampai pukul 24.00 WIB," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan, jika sesuai aturan maka dari 50 bacaleg partai harus ada 30 persen perwakilan dari wanita. Bila tidak ada keterwakilan wanita, pendaftaran dinyatakan gugur, alias tidak bisa mengikuti Pemilihan Umum 2019.

"KPU Kota Surabaya akan menerima jumlah kecil maupun besar bacaleg yang diajukan partai, asalkan memenuhi syarat keterwakilan perempuan," katanya.


Editor: Rosyid

Rosyid
17-07-2018 09:05