Main Menu

Ferdinand Hutahaean: Dukungan DPD Demokrat ke Jokowi Dinamika dalam Organisasi

Wem Fernandez
03-08-2018 17:23

Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. (GATRA/Wem Fernandez/yus4)

 

Jakarta, Gatra.com - Kadiv Humas Advokasi DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menanggapi santai pernyataan yang dikeluarkan oleh  Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), Soekarwo atau Pakde Karwo. Pakde Karwo menyebutkan, DPD Jatim lebih banyak mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres ketimbang Prabowo Subianto. 

Menurut Ferdinand, dukungan yang dilakukan oleh masing-masing DPD Demokrat merupakan dinamika  yang terjadi dalam internal partai dan telah dilporkan kepada DPP. 

“Sebanyak 11 provinsi lebih mendukung Jokowi dan 23 Provinsi lebih mendukung Prabowo. Atau Jokowi didukung 38,2% dan Prabowo didukung 61,8%. Ini suara kader. Jadi sikap DPD Jatim itu kan hasil rakorda. Namun secara nasional unggul Prabowo,” jelas Ferdinand saat dihubungi, Jumat (3/8). 

Dengan persentase yang besar kepada Prabowo, maka seyogyanya Demokrat mengikuti hasil tersebut. “Maka tidak ada yang salah dengan pernyataan Pakde Karwo. Bahwa nanti Pilpres, secara struktur partai, tetap akan bekerja sesuai keputusan partai dari pusat. Demokrat tetap solid memenangkan pilihan [mendukung Prabowo[,” tegas Ferdinand. 

Pakde Karwo mengeluarkan pernyataan mengejutkan saat berada di Kantor Wapres, Kamis (2/8), kemarin. Menurut dia, suara akar rumput Demokrat Jatim lebih banyak mendukung Jokowi. Hasil dukungan ini juga sudah disampaikan kepada DPP Demokrat. 

"Kalau di Jawa Timur itu sebagian besar ke Pak Jokowi, nomor 2 ke Pak Prabowo itu pengurus. Itu sesuai dengan surat edaran DPP dalam rangka DPP ingin melihat sebetulnya pandangan pengurus sampai dengan kabupaten/kota," ungkap Soekarwo.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Iwan Sutiawan

Wem Fernandez
03-08-2018 17:23