Main Menu

Rakernas PAN : Mayoritas DPW Minta PAN Dukung Prabowo

Sujud Dwi Pratisto
09-08-2018 18:57

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memukul gong tanda membuka Rakernas IV PAN. (Dok.Twitter/Zulkifli Hasan/RT)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com-Sebanyak 19 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) telah menyampaikan hasil pleno di daerahnya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PAN terkait konsolidasi Pileg dan Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Kamis (9/8). Sisanya 15 DPW lagi akan menyampaikan rekomendasi plenonya sekitar pukul 19.00 WIB.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan dari 19 DPW yang sudah menyampaikan pandangan umum tersebut ada 16 DPW yang meminta kombinasi pasangan calon presiden dan calon wakil presidennya Prabowo Subianto- Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN) dan Prabowo Subianto-Ustad Abdul Somad. Sementara tiga DPW menyampaikan ingin PAN merapat ke koalisi Jokowi yakni DPW Papua, Kepualauan Riau (Kepri) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kita gak tahu nih bagaimana pandangan yang belum menyampaikan pandangan umumnya. Ada 15 yang tersisa akan kita lanjutkan jam tujuh nanti malam itu apakah ke Pak Prabowo atau ke Pak Jokowi," kata Yandri usai penyampaian pendapat DPW.


Keputusan, kata Yandri akan diambil dengan mekanisme musyawarah mufakat. Kendati dinamika dalam penyampaian pandangan umum tergolong tinggi. "Karena dari 19 sudah ada 3 DPW yang minta ke Pak Jokowi. Ada 15 yang belum menyampaikan saya tidak bisa menduga nanti kita dengar langsung," katanya.


Selanjutnya kata Yandri ada sekitar lima DPW yang secara tegas juga menyatakan jika Prabowo tidak memilih Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan maka mereka meminta partai menarik diri dari koalisi. "Ada lima, salah satunya Sultra, Kaltim dan Kalbar dan sebagainya," kata Yandri. Hingga berita ini ditulis, Rakernas masih berlangsung.


Reporter : Dara Purnama

Editor     : Sujud Dwi Pratisto

Sujud Dwi Pratisto
09-08-2018 18:57