Main Menu

Sandiaga Klarifikasi Mahar, KIPP : Dana Kampanye Berbeda Dengan Money Politcs

Sandika Prihatnala
12-08-2018 19:04

Ilustrasi - Politik Uang.(GATRA/Abdurachman/FT02)

Jakarta,Gatra.com - Sandiaga Uno mengklarifikasi soal dugaan mahar Rp 500 miliyar yang masing-masingnya diberikan kepada PAN dan PKS. Tuduhan ini dinyatakan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief sebelum Sandi resmi menjadi cawapres Prabowo Subianto.

 

Sandi mengatakan uang tersebut akan digunakan sebagai dana kampanye. Bahkan Sandi berniat akan mendatangi KPK untuk berkonsultasi terkait rencana penggunaan dana tersebut.

Menanggapi hal tersebut Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta mengatakan dana kampanye adalah dua hal yang berbeda dengan money politics.

"Kalau diberikannya menjelang pemilihan saya pikir publik harus melihat hal ini agak berbeda. Kalau yang namanya dana kampanye dalam bentuk program. Makanya parpol dan paslon mengkedepankan program dulu baru yang lainnya. Jangan masalah uangnya dulu baru program. Programnya aja belum ada kita bicara tentang uang ini kan yang salah," kata Kaka di kantor Kode Inisiatif, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (12/8).

Agar semakin jelas, Kaka meminta Bawaslu segera bersikap untuk segera menelusuri hal ini. Bawaslu harus menggunakan seluruh instrumen dan jejaringnya untuk membuktikan ini. "Karena di dalam pemilu semua penyelenggara pemilu menjadi lembaga tertinggi berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu sehingga baik KPK kepolosian kejaksaan maupun semua perangkat untuk penegakkam hukum itu perlu menjadi supporting system dari bawaslu," katanya.

Bawaslu kata Kaka memiliki wewenang yang besar dalam hal ini. Bawaslu kata Kaka juga harus percaya diri bahwa publik sangat mendukung Bawaslu untuk mengungkap ini
"Kalau sudah menjadi informasi publik Bawaslu harus klarifikasi tanpa harus ada pelaporan. Yang dirugikan juga perlu menclearkan apakah itu terjadi atau tidak terjadi," tandasnya.


Reporter : DPU

Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
12-08-2018 19:04