Main Menu

DPRD Tetapkan HD-MY Gubernur-Wagub Sumsel Terpilih

Iwan Sutiawan
17-08-2018 19:59

Penetapan HD-MY, gubernur-wagub Sumsel terpilih. (GATRA/Tasmalinda/yus4)

Palembang, Gatra.com - DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (HD-MY) sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumsel, Kamis (16/8). Sidang penetapannya berlangsung setelah agenda sidang paripurna detik-detik proklamasi RI ke-73 di ruang sidang DPRD Sumsel.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Ahmad Naafi kepada Gatra.com, Jumat (17/8), menyampaikan, pihaknya juga sudah memberikan berkas salinan pengajuan guna menindaklanjuti keputusan penetapan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumsel 2018-2023.

"Kamis sudah digelar sidang dan sehari sebelumnya, berkas juga sudah dikirimkan kepada pimpinan DPRD Sumsel guna menindaklanjuti hasil penetapannya," ujar Naafi yang juga menjabat Devisi Hubungan Antar Lembaga dan Humas KPU Sumsel ini.

Selain itu, kata dia, DPRD Sumsel memiliki waktu lima hari guna membahas dan menindaklanjuti surat penetapan KPU Sumsel tersebut. Jikapun batas waktu yang diberikan tidak dipenuhi, maka KPU Sumsel bisa langsung menyampaikannya kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). "Namun tetap tunggu hasil pembahasan di DPRD Sumsel," ujarnya.

Adapun penyerahan surat keputusan KPU Sumsel tersebut menindaklanjuti penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih yang telah dilakukan KPU Sumsel minggu (12/8). KPU Sumsel sudah menetapkan pasangan HD-MY sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih setelah melewati proses gugatan oleh pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda.

Sidang atas gugatan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel dinyatakan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi. Dengan demikian, paslon nomor urut 1, HD-MY dinyatakan sebagai kepala daerah terpilih Sumsel masa jabatan 2018-2023.

Diketahui, Pilkada Gubernur Sumsel 2018-2023, paslon nomor 4, Dodi-Giri melakukan gugatan atas hasil pilkada, di antaranya di Kota Palembang dan Muara Enim. Paslon nomor 4 melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi meminta menyelenggarakan pemilihan ulang pada daerah-daerah tersebut.

Sebelumnya, hasil rekapitulasi KPU Sumsel memenangkan paslon nomor 1, HD-MY dengan perolehan 1.394.438 suara. Pasangan ini menang sebanyak 193.813 suara dibandingkan paslon nomor 4, Dodi-Giri yang meraup 1.200.625 suara. Paslon lainnya, Aswari-Irwansyah memperoleh 442.820 suara dan paslon nomor 3, Ishak Mekki-Yuda P memperoleh 839.743 suara.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
17-08-2018 19:59