Main Menu

Survei LSI: Jokowi-Ma’ruf 52,2 Persen, Prabowo-Sandiaga 29,5 Persen

Ervan
21-08-2018 18:44

Konferensi pers hasil survei LSI (GATRA/Ervan Bayu/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indikator (LSI) Denny JA mengungkap elektabilitas pasangan calon presiden-calon wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfarabi mengungkapkan, Jokowi-Ma'ruf dipilih oleh 52,2% responden. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandiaga 29,5%. Adapun responden yang tidak menjawab mencapai 18,3%. "Jokowi telah mencapai magic number di atas 50%," ujarnya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (21/8).

Dari enam kantong pemilih yang dianggap penting, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di lima kantong pemilih yakni pada pemilih Muslim, pemilih non-Muslim, masyarakat ekonomi rendah, perempuan, dan milenial.

Sementara itu, Prabowo-Sandiaga Uno hanya unggul di kantong pemilih kaum terpelajar. Meski hanya unggul di satu kantong pemilih, Prabowo-Sandiaga dinilai masih punya peluang untuk menaikkan elektabilitas lewat kantung suara kaum terpelajar.

"Kantong suara kaum terpelajar memang tak terlalu besar. Data survei menunjukkan bahwa populasi kaum terpelajar (pernah kuliah atau di atasnya) hanya sebesar 9.9%. Namun kelompok ini punya kemampuan menjadi influencer dan penggiring opini publik," ucap Adjie.

Survei dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9%. Survei dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia dan dilengkapi dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. 


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Iwan Sutiawan

Ervan
21-08-2018 18:44