Main Menu

Protes Neno Warisman Diadang Massa, Gerindra; Polisi Tidak Netral

Wem Fernandez
27-08-2018 13:54

Massa menolak kehadiran neno Warisman Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau. (ANTARA/Rony Muharrman/FT02)

Jakarta, Gatra.com -Aksi pengadangan kembali dilakukan terhadap salah satu deklator #2019GantiPresiden, Neno Warisman. Neno diadang sejumlah massa saat tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Sabtu (25/8/), kemarin. 

Sebelumnya, penyanyi dan bintang film tahun 80-an ini juga ditolak oleh massa saat tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, akhir Juli lalu. Massa tak ingin Neno melakukan kampanye #2019GantiPresiden. 

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyayangkan masih ada saja aksi-aksi seperti ini. Padahal, menyampaikan aspirasi d imuka umum telah dijamin oleh Undang-Undang (UU). 

“Kesadaran untuk menghargai perbedaan pendapat justru tidak ada tempat dalam negara demokrasi. Kan kita sudah sepakat negara ini negara demokrasi, bukan negara kekuasaan apalagi negara polisi. Jadi dalam negara demokrasi, kesadaran untuk berbeda pendapat, harus mendapatkan porsi,” tegas Muzani di Senayan, Jakarta Pusat, Senin  (27/8). 

Bagi Muzani, pihak berwajib juga harus bertindak atas aksi yang dilakukan oleh massa, termasuk mengamankan mereka. Tidak tepat jika alasan keamanan digunakan justru untuk membiarkan massa bertindak sesuka hati. 

“Tugas polisi kalau ada gangguan mengamankan itu dong. Polisi dibiayai dengan uang negara, dengan dana yang cukup besar, untuk memelihara dan menjaga jalannya demokrasi. Termasuk jika ada pihak yang menggangu demokrasi, tugas polisi dengan uang negara itu me-maintance situasi itu,” tegas dia. 

Dengan bertindak seperti itu, lanjut Muzani, polisi justru menimbulkan kesan tidak netral dan berpihak pada kepentingan tertentu. 

“Kesan itu tidak bisa dihindari meskipun kita sudah mendengar penjelasan polisi begono begini tapi kesan rakyat tidak bisa dihindari bahwa polisi berat sebelah.” demikian Muzani. 


Reporter: Wem Fernandez  
Editor: Iwan Sutiawan

Wem Fernandez
27-08-2018 13:54