Main Menu

Kalah Pamor di Sumatera, TKN Jokowi-Ma’ruf Akan Bekerja Keras

Wem Fernandez
27-08-2018 16:10

Bakal Calon Presiden Joko Widodo dan Cawapres KH Ma'ruf Amin. (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Suara bakal calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Ma’ruf Amin rupanya kalah di daerah Sumatera dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan survei yang dilakukan Alvara Research Center. 

 

Elektabilitas Prabowo-Sandiaga mencapai 48,9% sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di hanya 41%. Adapun 10, 2% belum menentukan pilihan. 

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi)-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengungkapkan, hasil survei ini tentu menjadi catatan bagi tim pemenangan untuk bekerja keras di Sumatera. 

“Tentu nanti kita akan menggunakan segala instrumen kita yang ada untuk berkampanye di sana secara baik, secara cerdas,” jelasnya saat dihubungi awak media, Senin, (27/8). 

Tidak hanya Sumatera, beberapa wilayah yang sebagian besar pemilihnya memilh Prabowo-Sandi juga menjadi target dari tim pemenangan, seperti Aceh, Sumsel, Padang dan Aceh. 

“Tapi Kami masih optimis ke depan akan bisa memenangkan suara di Sumatera karena sembilan partai yang ada itu potensinya lebih kuat daripada temen-teman yang ada di sebelah dalam segala sisi,” tegas Sekjen PKB ini.

Masih menurut hasil survei tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di Jawa dengan elektabilitas mencapai 61,7% sementara Prabowo-Sandiaga Uno elektabilitasnya hanya 27,5%. 

Founder dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali di Jakarta, Minggu (26/8), kemarin menyebutkan, Jawa dan Sumatera merupakan dua wilayah kunci memenangkan Pilpres 2019. 

Total suara pemilih di kedua pulau tersebut mencapai 78,5%. Survei Alvara Research Center dilaksanakan pada 12 hingga 18 Agustus 2018. Metode yang digunakan, yakni multistage random sampling di 34 provinsi.


Reporter : Wem Fernandez  
Editor : Mukhlison

Wem Fernandez
27-08-2018 16:10