Main Menu

Dua Kubu Koalisi Parpol Peserta Pilpres Bentuk Tim Kampanye di DIY

Mukhlison Sri Widodo
27-08-2018 22:40

Sembilan partai politik pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Daerah Istimewa Yogyakarta.(GATRA/Arif Koes/re1)

Yogyakarta, Gatra.com - Meski belum memiliki ketua tim pemenangan nasional, sembilan partai politik pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepakat membentuk tim kampanye.

 

Sembilan parpol tersebut adalah PDI-P, Golkar, PPP, PKB, Nasdem, Hanura, PSI, PKPI, dan Perindo. Tim kampanye menargetkan kemenangan 70 persen suara untuk Jokowi-Amin di DIY. 

Sembilan partai juga sepakat menunjuk Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto sebagai ketua tim ini. 

“Seusai pembicaraan intensif beberapa hari lalu, ketua parpol pendukung Jokowi-Amin sepakat bergabung dalam satu tim yaitu tim kampanye daerah Koalisi Indonesia Kerja Jokowi-Amin,” kata Bambang di gedung University Center Universitas Gadjah Mada, Senin (27/8).

Tim kampanye terdiri atas 100 personel yang akan dikoordinasi oleh 11 direktur dari lima kabupaten/kota di DIY. Bambang menargetkan tim kampanye terbentuk hingga tingkat desa pada 30 September.

Menurut Bambang, tim bekerja hingga pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih pada Oktober 2019. Targetnya meraih  kemenangan hingga angka 70 persen suara untuk Jokowi-Amin.

“Kami optimistis target tercapai mengingat pada 2014 suara Jokowi-Jusuf Kalla yang didukung beberapa partai saja mampu meraih 50 persen lebih,” kata Bambang.

Walau mengakui DIY menjadi basis massa pendukung Mahfud MD yang terlempar dari bursa cawapres di menit-menit akhir, Bambang mengatakan hal itu tidak akan berpengaruh pada dukungan ke Jokowi- Amin. 

Apalagi, kata Bambang, pendukung Mahfud MD telah  melek politik sehingga punya pertimbangan dalam menentukan dukungan.

Mengenai acara ini digelar di kompleks kampus UGM yang semestinya bebas dari gelaran politik praktis, Bambang mengatakan pilihan lokasi di UGM untuk menegaskan bahwa Jokowi berasal dari kampus yang disebut sebagai kampus kerakyatan ini.

“Sembilan parpol sepakat Jokowi harus melanjutkan kepemimpinan hingga dua periode. Selama empat tahun, program Jokowi tepat sasaran. Jika memang ada kekurangan, maka hal itulah yang harus diperbaiki di masa kepempimpinan selanjutnya,” katanya.

Ketua DPD Golkar DIY Haryadi Suyuti mengatakan tim kampanye sepakat mengusung kampanye berbudaya, bermartabat, dan damai.

“Kami juga sepakat tidak mengurusi atau memberi komentar tentang kampanye pihak lawan. Biarlah mereka menyampaikan pendapat sesuai dengan alam demokrasi kita,” kata Wali Kota Yogyakarta yang turut hadir di jam kerja ini.

Selain Bambang dan Haryadi, hadir juga Ketua DPD DIY Nasdem Subardi, Ketua DPD PKB DIY Agus Sulistono, dan ketua lima parpol lain.

Sementara itu, pendukung pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno di DIY disebut akan mendeklarasikan dukungan pada 9 September. 

Pada hari itu, cawapres Sandiaga Uno dijadwalkan hadir dan rencananya akan bertemu dengan Gubernur DIY, caleg parpol koalisi, dan para pendukungnya di Pasar Beringharjo.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
27-08-2018 22:40