Main Menu

Presiden akan Lantik 9 Gubernur Terpilih Hari ini Termasuk Ridwan Kamil

Anthony Djafar
05-09-2018 06:11

Sumarsono.(Dok. GATRA/re1)

Jakarta, Gatra.com – Presiden Joko Widodo akan melantik 9 pasangan Gubernur dan wakil gubernur terpilih di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi (5/8).

 

Dari 9 pasangan yang akan dilantik ini, masuk salah satunya pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum yang memenang di Pilkada Jawa Barat pada 27 Juni 2018.

Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono mengatakan bahwa pasangan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum masuk dalam jadwal yang akan dilantik bersama delapan pasangan lainnya.

"Ridwan Kamil masuk jadwal (dilantik),” kata Sumarsono Selasa (4/9).

Sumarsono mengatakan semula Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum tidak masuk dalam daftar pelantikan di tahap pertama ini karena Pemda Jawa Barat meminta. Sebelumnya, Ridwan masuk dalam pelantikan tahap kedua pada 27 September nanti.

Namun karena pertimbangan kepala daerah perlu segera bekerja, maka dimasukkanlah nama gubernur Jawa Barat dilantik bersama delapan kepala daerah lainnya.

“Pertimbangannya agar segera bekerja dan Kemendagri memutuskan melantik RK dan Uu besok (hari ini),” katanya.

Ridwan Kamil yang akrab disapa kang Emil itu membenarkan ada undangan pelantika Rabu ini.

“Dapat kabar dari Dirjen Otda setelah koordinasi dengan Istana, ternyata saya masuk ke pelantikan besok jam 10.00 WIB (hari ini)," katanya.

Setelah menerima kabar, kang Emi segera menggelar rapat “perpisahan” dengan kepala dinas sebagai wali kota Bandung.

"Karena hari ini hari terakhir, saya kerja urusan Bandung, maka saya batalkan agenda yang ada untuk persiapan besok ke Jakarta (dilantik). Ini karena dadakan,” katanya.

Kang Emil pun mengungkapkan pesannya sebagai walikota bandung untuk memohon maaf lahir batin kepada warga Bandung khususnya.

“Selama lima tahun tentulah saya ada kekurangan, ada kekhilafan. Tapi percayalah saya lima tahun bekerja keras siang malam membela Kota Bandung," katanya.

Selain Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, nama lain yang akan dilantik diantaaranya Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulsel), Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumut), Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sultra), Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Jateng), I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali), Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalbar), Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (NTT), Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua).


Anthony Djafar

Anthony Djafar
05-09-2018 06:11