Main Menu

Polisi Tingkatkan Keamanan Pilkades e-Voting Serentak di Pemalang

Mukhlison Sri Widodo
10-09-2018 15:54

Ilustrasi - Pelaksanaan e-Voting Pilkades di pemalang, Jawa Tengah (Dok. Pemkab Pemalang/FT02)

Pemalang, Gatra.com – Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) sistem e-Voting ta hap kedua yang digelar di 18 desa di tiga kecamatan.

 

Di Kecamatan Watukumpul, 11 desa menggelar Pilkades e-Voting serentak, Desa Tundagan, Gapura, Bongas, Jojogan, Cawet, Medayu, Tambi, Tlagasana, Pagelaran, Majalangu, dan Desa Majakerta.

Di Kecamatan Belik, enam desa menggelar Pilkades, yakni Desa Badak, Gunung Tiga, Gunung Jaya, Simpur, Mendelem, dan Desa Belik. Adapun di Kecamatan Bodeh hanya satu desa, yakni Desa Longkeyang.

Kapolres Pemalang, AKBP Agus Setyawan HP melalui, Kapolsek Watukumpul Iptu M. Subagio mengatakan, apel pergeseran pasukan pengamanan gabungan dilakukan sejak Sabtu lalu. Apel dihadiri oleh 137 personel Polri gabungan dari berbagai polsek baik bintara ataupun perwira ditambah satu pleton TNI Kodim dan Koramil Watukumpul.

Menurut dia, diterjunkannya pasukan gabungan dilakukan untuk mangantisipasi potensi gangguan keamanan pada Pelaksanaan Pilkades serentak ini.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Subagio juga menyampaikan arahan tentang teknik dan taktik pengamanan dan kesiapsiagaan anggota di lapangan. Ia juga mengingatkan etika dan netralitas Polri dan TNI dalam pengamanan Pemilu.

"Juga ditambahkan tentang analisa dan evaluasi pelaksanaan pilkades tahap satu di wilayah Taman dan Petarukan segala bentuk kekurangan dan langkah-langkah menuju perbaikan dalam pelaksanaan pilkades tahap kedua ini dilakukan, sehingga meminimalisir segala potensi kerawanan yang ada," ujarnya.

Sementara, Camat Watukumpul, Umroni mengatakan pihaknya salut atas sinergitas TNI-Polri di dalam pengamanan Pilkades di Watukumpul. Dia pun berharap, Pilkades berjalan lancar dan tanpa gangguan keamanan.

"Dan kami berkontribusi menyediakan tempat untuk melaksanakan apel gelar pergeseran pasukan. Semoga pilkades di wilayah Watukumpul berjalan aman dan sukses," ucap Imroni.

Koramil Watukumpul, Kapten Inf Hery Purnomo  menambahkan bahwa pengamanan pelaksanaan pilkades adalah tanggung jawab bersama dan tidak hanya menjadi beban TNI-Polri. Menurut dia, seluruh lapisan masyarakat pun dapat berkontribusi dalam suksesnya Pilkades agar berjalan aman dan kondusif.

Seperti diketahui sebanyak 172 desa di Pemalang menggelar Pilkades e-Voting secara bertahap. Pada tahap pertama 2 September 2018 lalu, hasil Pilkades diprotes oleh ribuan warga dari sejumlah desa. Mereka menggeruduk DPRD Pemalang. Mereka menganggap terjadi kejanggalan dan berpotensi terjadi kecurangan dalam Pilkades e-Voting.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
10-09-2018 15:54