Main Menu

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya Perketat Pengamanan KPU

Birny Birdieni
21-09-2018 20:06

Ilustrasi penjagaan di KPU.(ANTARA/re1)

 

Jakarta, Gatra.com- Menjelang pengambilan nomor urut calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, aparat keamanan dari Polda Metro Jaya dibantu personel TNI dari Kodam Jaya memperketat pengamanan.

Para pasangan capres-cawapres akan mengikuti pengambilan nomor urut di KPU Pusat pada Jumat (21/9) mulai pukul 20.00 WIB.

Aparat Polri dibantu TNI juga melakukan pengamanan di luar gedung KPU secara ketat. Bahkan polisi mengerahkan dua unit mobil water canon dan dua unit Barracuda, serta memasang kawat berduri di pembatas jalan.

"Dalam rangka pengamanan pengambilan nomor urut, Polda Metro Jaya mengerahkan 500 personil," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Argo Yuwono dikutip dari Antara, Jumat (21/9).

Menurut Kombes Argo, para petugas kepolisian akan ditempatkan di dalam dan luar Gedung KPU Pusat. Sementara itu, 1.000 personel TNI dari Kodam Jaya dikerahkan untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup.

"Kita kerahkan 1.000 personel untuk pengamanan terbuka dan tertutup," kata Kapendam Jaya Kolonel Inf Kristomei Sianturi.

Kolonel Inf Kristomei menegaskan bahwa pengamanan dilakukan di seluruh titik yang berada di kawasan KPU. Serta jalan-jalan yang dilalui oleh dua pasangan calon presiden dan wapres beserta partai pendukungnya.

Proses pengundian nomor urut ini diawali dengan pengambilan nomor gilir. Pasangan yang mendapatkan nomor gilir lebih kecil, diberikan kesempatan mengambil nomor urut lebih dulu. 

Akan tetapi untuk membuka nomor urut itu akan dilakukan kedua pasangan kandidat secara bersamaan.

Setelah pengambilan nomor urut, dua pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno akan memulai masa kampanye pemilu sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019.


Birny Birdieni 

Birny Birdieni
21-09-2018 20:06